SUSU




Masih inget nggak, beberapa tahun yang lalu ada iklan produk susu ibu hamil yang jadi trendsetter di dunia “persusuan” karena produk barunya ada yang rasa buah. Menariknya lagi, dalam tayangan iklannya disebutkan quote “Hamil jadi menyenangkan.” Quote ini nih yang bikin geger anak-anak sekosan.
“Kayaknya enak tuh,” ujar mbak Lina. Anak Teknologi Pangan tulen ini adalah mbak kos gue yang bisa dibilang aktif mengikuti perkembangan segala bentuk iklan makanan dan minuman yang ditayangin di TV.
“Iklan yang menakjubkan,” gue menimpali.
“Aku sependapat,” ujar mbak Lina semangat.
“Sama jus mangga enak mana ya?”
“Kalau dilihat mahalnya sih, kayaknya enakan susu hamil itu deh,” sahut mbak Lina.
Wahh, salah nanya gue.
“Warnanya eye catching ya mbak, seger kayaknya.”
“Iya, jadi pengen hamil biar bisa nyobain,” mbak Lina nyeletuk.
Gue langsung nambal mulut mangap gue pake semen. Emang mbak satu ini paling bisa mengeluarkan kata-kata yang kadang nggak kebayang di kepala manusia. Emm ... gue sendiri juga gitu sih, sebelum gue tahu kalau susu buat ibu hamil itu aman untuk dikonsumsi orang yang belum hamil, gue sempet pengen hamil beneran biar bisa nyobain susu itu.
“Mbak, suatu saat kalau aku jadi ilmuan, aku akan buat produk serupa, yaitu susu hamil rasa durian. Nanti mbak boleh deh jadi orang yang pertama nyicipin testernya.” Gue mulai berangan-angan.
“Hooeeeeeekkkkk!!!” Mbak Lina mual seketika.
Ooopss, gue lupa, cewek berambut ikal satu ini dari dulu musuhan sama durian.
“Apaan sih ini ribut-ribut?” ujar Dalia yang tiba-tiba dateng.
“Ini loh mbak Lina nggak suka susu ibu hamil,” ujar gue innocent.
“Nggak suka durian, Tiaaaasss!!”
“Heheee,” gue nyengir.
“Bosen nih di kos, jalan yuk,” ujar Dalia menyela.
“Kemana?”
“Enggak tau.”
Tuh kan, dia yang punya ide, dia yang pasrah juga.
“Enggak ah Dah, aku trauma jalan sama kamu. Inget nggak waktu itu tengah malam kita jauh-jauh pergi ke Boyolali tapi endingnya kita beli susu segar asli Boyolali di depan kampus?”
Dalia ketawa cengar-cengir. Gue bukannya nggak suka, gue trauma aja soalnya waktu itu gue yang ngajakin. Betapa naifnya, tengah malem pengen refreshing, dibela-belain nekat pergi ke luar kota pakai motor pinjaman tanpa STNK, diusir dari bandara, hujan-hujanan, dan endingnya nggak dapat apa-apa. Demi menutupi rasa malu karena sebelumnya udah pamit nongkrong sama banyak orang, kami pun nongkrong di depan kampus dan membeli susu segar.
“Udah lah Yas, itu kan masa lalu kita,” ujar Dalia menghibur.
“Kalian benar-benar punya masa lalu yang suram,” ujar mbak Lina sambil geleng-geleng kepala. “Aku sebenernya malu punya adek kos macam kalian.”
Gue sama Dalia pun kompakan lempar kentut ke arah mbak kos.
“Siang-siang gini, aku pengen es krim,” ujar Dalia lagi.
“Heyy!! Heeyyy!! Aku jadi inget. Beli es krim di pertanian aja, kan bisa sekalian nongkrong tuh? Liat mahasiswa pertanian yang ganteng-ganteng,” mbak Lina heboh kayak sales kacang rebus.
“Hah? Liat ikan maksudnya?” Maklum, gue jarang banget liat umat manusia di sana.
“Heee, bukan. Di kantin baru pertanian ada es krimnya juga. Enak kok, murah lagi,” ujar mbak Lina bangga.
Bisa dibilang, mbak Lina itu fanatik banget sama fakultasnya. Terlebih ketika di fakultasnya ada kantin baru. Katanya, makannya murah-murah dan enak. Mbak Lina selalu menggebu-gebu ketika menceritakan kantin kesayangannya itu.
“Tumben banget kantin di kampus jualan es krim. Itu bahannya dari susu koala atau susu keledai mbak?” gue heran.
“Bukan, itu dari susu sapi segar.”
“Sapinya laki-laki atau perempuan?” tanya gue lagi. Mbak Lina langsung menghela nafas lihat gue sepertinya nggak pernah belajar Biologi waktu SMP.
“Sapi perempuan, Tias. Yang udah melahirkan. Catet itu!”
“Ah, mahal pasti, daging sapi aja lagi naik loh, pasti susu sapinya juga naik,” gue masih ragu.
“Enggak kok, murah, cuma seribu lho.”
“Hah? Seribu? Ah, jangan-jangan itu tajin bukan susu. Atau mungkin itu dari susu sapi galau atau sapi gelandangan.” Gue makin nggak percaya.
“Ih, beneran kok, dibilangin nggak percaya.”
“Beneran nggak sih mbak?” Dalia yang awalnya cuek pun, mulai tertarik.
“Beneran. Coba aja deh beli di sana, buktiin.” Mbak kos makin mantep.
“Wuah, pantesan anak makanan pada sehat-sehat.” *melirik ke bodi mbak Lina yang mondthok
“Ah, sialan lo!” mbak Lina langsung reflek lempar remote TV ke gue.
“Ya udah, nongkrong di pertanian yuk Yas,” ajak Dalia semangat.
“Ayok lah siap.” Gue langsung bersemangat.“ Eh, ngomong-ngomong mbak Lina udah nyoba belum tuh?”
“Udah kok, tadi minta sama temen.”
GUBRAKK!!
Dia mempromosikan es krim yang ia bangga-banggakan di fakultasnya, yang katanya enak, murah lagi, tapi dia sendiri nggak beli?
“Trus kalau jam segini kayaknya udah abis deh, soalnya yang minat banyak banget, temen gue aja kemarin beli jam sepuluh udah nggak kebagian,” ujar mbak Lina lagi.
“Huaaaaaa!! Dasar promotor tidak bertanggung jawab!!”
Gue sama Dalia langsung bersetongkol, eh sekongkol ngeroyok mbak Lina. Suasana kosan mendadak ricuh karena kami bertiga jambak-jambakan kayak emak-emak rebutan daster diskon.
“Sudah-sudah jangan berebut sapi,” Anin tiba-tiba nimbrung. “Gimana kalau nanti malam kita nongkrong di tempat biasa?”
Mendengar ajakan Anin, entah mengapa gue sama Dalia jadi nggak minat sama es krim lagi dan beralih minat ke susu segar.
Anin ini emang ratu nongkrong. Dia adalah tokoh yang sangat disegani di kosan karena telah mengenalkan dunia hang out ke anak-anak. Mulai dari toko baju, mall, toko kue, tempat nongkrong, tempat makan, sampai pasar tradisional, semua tempat seolah pernah diselaminya.
Anin juga yang mengenalkan angkringan Si Jack yang terkenal dengan susu segarnya yang enak dan ramah di kantong mahasiswa. Lambat laun tempat itu jadi tempat nongkrong favorit anak-anak kosan.
 “Aku nggak ikutan deh,” ujar mbak Lina. “Perasaanku mengatakan kalau berat badanku berkurang.”
Gue paham, mbak kos emang lagi diet, tapi sayangnya dia sering dibohongi oleh perasaannya sendiri. Berat badannya memang sempat turun, tapi dalam hitungan jam sudah naik lagi karena porsi cemilannya berbanding lurus dengan main course-nya sebelum diet. Dietnya cuma sebentar tapi balas dendamnya bertubi-tubi. Meski managemen dietnya masih berantakan, tapi tetep aja semangatnya untuk kurus selalu berkobar-kobar.
“Aku ikutan deh,” ujar gue dengan semangat.” Ini kan kunjungan kita yang ke-20, siapa tau ntar kita dapat kartu member.”
Temen-temen langsung ketawa ngakak.
“Aku ikuuuuutttt!” terdengar suara Febri dari dalam kamarnya.
Adek kos satu ini juga doyan nongkrong juga, jadi tiap keluar dia nggak pernah ketinggalan.
“Sip, berarti pas berempat nih?” ujar Anin.
“Yes, nongkrong,” ujar gue seneng. “Siapa tau ntar di sana pas ada promo beli susu sapi gratis sapi. Wuaaah, bisa kaya ntar.”
“Dasar, parah. Kalau kamu yang jual, aku mau jadi pembeli tetap seumur hidup Yas, haha,” ujar mbak Lina disusul dengan ketawanya yang menggegana.

Malam hari yang ditunggu-tunggu...
Semuanya sengaja nggak makan malam, soalnya mau nongkrong. Niatnya sih, mau makan sekalian di warung susu segar. Semua udah dandan necis, cantik, pake gincu biar abang penjualnya klepek-klepek.
“Capcus ciiiiin...!!”
“Eh...”semua nengok ke gue. Mata gue melirik kesana-kemari.
Pletik ... pletik ... pletik ... *suara gerimis datang*
Pletok pletok pletok pletok ....
“Gerimis cuy....” *pasang muka kecewa
“Gimana ni?”
Masak udah dandan cantik, kehujanan, bedaknya luntur dong. Mau pakai jas hujan, nanti disangka dementor klayapan nyari mangsa. Yaudin, kite-kite nungguin.

Tik tok tik tok tik tok ... setelah beberapa jam kemudian ....
“Mbak, kita jadi pergi nggak nih?” tanya Febri dengan nada melas namun penuh harap.
“Lha gimana? Hujan dari tadi sore nggak reda-reda,” ujar Dalia.
“Apa kita nongkrong di tempat lain aja?” Anin menawarkan solusi. Di lihat dari mimik mukanya, kelihatan dia nggak enak karena kita nggak jadi nongkrong.
Kami nggak marah kok, kita tahu pasti kalau yang nurunin hujan bukan Anin tapi Tuhan. Masak kita mau marah sama Tuhan?
Waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam. Kami masih berharap pada susu segar, namun hujan masih turun dengan derasnya.
Kruyuk ... kruyuuk ... kruyuuuuk, terdengar suara perut karaokean.
“Ke angkringan aja yuk,” pinta Dalia. Ternyata yang tadi itu suara perutnya. Muka Dalia yang cantik mulai tampak lecek mirip origami gagal.
“Jam segini, nasi kucingnya masih nggak ya? Aku laper,” gue mulai bayangin makan nasi bandeng dua bungkus ditemenin tempe goreng, pasti enak.
“Yaaah... maaf,” Anin tambah merasa bersalah liat muka temen-temennya yang kelaparan. Tapi sekali lagi ini bukan salahnya.
“Nggak apa-apa mbak. Udah, ayo ke angkringan aja.” Febri menambahkan.
Glegeeeerrr!! Glegeeeerrrrr!! Petir bersahutan. Lalu dijawab suara perut kami. Krucuk...krucuk...krucukk. Glegerrr!! Krucuk! Glegerrr!! Krucuk!
“Ya udah, ayok ke angkringan.”
***
Sumber gambar  http://www.merdeka.com/sehat/minum-susu-tidak-selalu-menyehatkan-tubuh.html




0 komentar:

Posting Komentar

SUSU