HANTU KAMAR MANDI?




“Pernah nggak sih kalian denger cerita horor tentang hantu kamar mandi?”, tanya Febri dengan muka serius. “Kan tragedinya mirip banget dengan yang ada di sini.”
Kemudian adek kos yang lain saling berpandangan dengan muka yang serius juga, lalu Rika, si anak baru mengatakan, “Iya ya, jangan-jangan kamar mandi kosan kita ada hantunya mbak. Wah, jadi takut ini aku.”
Rika, mahasiswa baru ini belum lama meramaikan kosan. Dia datang dengan damai bersama mahasiswa baru lainnya – Firda, Ayu, lalu disusul Indah. Dari keempat adek kos baru itu, cuma Rika yang nggak bisa bahasa Jawa – jadi anak lain kalo lagi ngomongin dia langsung di depannya nggak pernah ketahuan. Mahasiswa yang rentan gelisah ini mantap mengambil jurusan Peternakan. Jadi kalo anak kos lain majang foto narsisnya atau foto gebetan, Rika lebih banyak memajang aneka foto ayam, kambing, atau hewan ternak lain di dinding kamarnya.
Balik lagi soal hantu, ini adalah gosip terbaru di kosan gue. Tentang kamar mandi berhantu. Salah satu kamar mandi kami yang berada di pojokan awalnya baik-baik saja, adem ayem aja gitu kalau dipakai buat mandi. Kamar mandi itu adalah kamar mandi favorit, bisa dibilang ratingnya paling tinggi dibanding kamar mandi lain karena lokasinya paling dekat dengan kamar anak kos. Tapi entah sejak kapan, lampu di kamar mandi itu sering mati. Efeknya, gosip tentang hantu kamar mandi pun mulai bermunculan.
Sebagai anak kos yang bertanggung jawab, kami langsung mengganti lampu setiap kali lampu kamar mandinya rusak. Anehnya, baru sehari atau dua hari lampu itu diganti, besoknya langsung rusak lagi. Khas kosan yang terbatas jumlahnya, makin lama jadi makin menipis. Jadi lama-kelamaan kami biarkan kamar mandi itu terbengkalai.
Kamar mandi yang tadinya full booked, selalu dipakai siang malam, kini jam terbangnya berkurang. Anak-anak paling pakainya pagi-sore aja. Malam harinya? Paling yang mau pakai hanya satu atau dua anak yang nggak mau antri di kamar mandi yang lain. Haduh, nggak kebayang deh, kalau harus mandi di situ pas malam hari.
Jadi kalau orang mau nyuruh mandi biasanya bilang, “Siapa yang mau mandi, ini handuknya udah aku siapin.”
Kalo di kosan gue beda, pasti bilangnya gini, “Siapa yang mau mandi, ini lilinnya udah aku siapin.”
Kelakuan-kelakuan macam inilah yang bikin anak-anak di kosan gue makin aneh. Sementara itu kondisi kamar mandi juga tidak membaik, tapi justru makin parah.
Pernah suatu pagi, gue BAB di situ, perasaan gue mendadak aneh ketika kepala gue rasanya kayak kena tetesan air. Gue colek tetesan air itu, warnanya coklat keruh. Spontan gue mendongak ke atas, lalu gantian muka gue yang kena tetesan air, hiyeek.
Gue masih berpikir, dari mana air itu datang. Jangan-jangan itu ulah hantu? Tapi itu masih pagi, hantu kan baru aja pulang kerja, pasti masih capek, jadi nggak mungkin ngerjain orang sepagi itu. Batin gue jadi berperang sendiri. Setelah agak lama mikir, gue akhirnya tersadar.
“Sial!! Di atas kamar mandi ini kan kamar mandi di lantai dua!!”
Nyesek juga, kenapa gue nyadarnya lama. Gue langsung menyudahi sesi BAB gue yang nyaman. Badan gue yang jarang kena air pun jadi makin tercemar. Awalnya cuma niat BAB, jadinya gue mandi juga deh.
Kamar mandi bocor itu emang bikin repot, apalagi kalo lokasinya persis atas bawah. Kan nggak enak gitu, pas lagi asik mandi, luluran, tau-tau kejatuhan pipis dari atas, ntar habis mandi tau-tau udah pesing aja gitu. Pas lagi duduk, konsentrasi pipis, tau-tau kejatuhan pipis juga dari atas. Ini yang nggak tau, pasti mikir kalo pipisnya jatuh ke lubang hitam, lalu tembus ke atap kamar mandi, lalu jatuh lagi ngenain yang lagi pipis. Ini pipis atau siklus air hujan? Yang lebih parah, kalo misal lagi cuci muka, lalu air rembesan itu jatuh ke muka. Beuh, kalo gue pasti udah teriak-teriak, “Ini siapa yang ngencingin muka gue?!! Siapaa??!! Siapaaa??!!” *sambil bawa golok
Ternyata selama ini gue sama temen kos udah salah paham. Rupanya yang jadi biang keladi adalah kamar mandi atas yang lagi bocor, jadi airnya rembes ke kamar mandi bawah. Air itulah yang menyebabkan korsleting, hingga lampunya sering mati.
Mengetahui fakta itu, kami langsung sigap menghubungi bapak kos agar segera memperbaikinya. Setiap hari kami menunggu dengan penuh harap, tapi bapak kos tak kunjung datang. Hingga waktu berjalan lebih dari satu bulan, kondisi ini tetap sama. Tak ada satu pun yang datang untuk memperbaiki.
Kami hanya perempuan biasa pemakan nasi kucing, kami bisa apa? Itulah jeritan hati kami. Tak mau berakhir menyedihkan sebagai anak kos yang nggak pernah mandi, gue pun mengeluarkan inisiatif.
Setiap gue ke kamar mandi itu, gue selalu bawa payung. Kebayang nggak? Lagi asik-asik nongkrong buat BAB, tangannya megangin payung, biar nggak kehujanan. Lagi keramas juga bawa payung, jadi tangan kiri pegang payung, tangan kanan ngeramasin rambut. Gue sampe kepikiran buat nyari umbrella boy khusus buat megangin payung di kamar mandi. *Plakk, ditempeleng emak
Gue berharap temen-temen kos mengikuti jejak gue agar mereka bisa selamat dari peristiwa tragis seperti yang gue alami waktu itu. Jadi, tiap ada anak kos yang mau mandi, gue selalu menawarkan jasa sewa payung ke mereka, haha. Sayangnya, nggak ada yang mau.
“Nggak praktis mbak, ribet bawanya, mending pake jas hujan,” begitu katanya.
Gue garuk-garuk pantat. Elu gimana mandinya kalo pake jas ujaaaaan??? Mau mandi apa nyuci jas?!!
Perlahan, kami mulai bisa survive di kosan sendiri. Tapi lama-kelamaan doa kami terjawab juga. Bapak kos meminta seorang teknisi untuk datang ke kos memperbaiki arus listrik yang bermasalah itu. Layaknya anak kecil dikasih permen, kami pun menyambutnya dengan gembira.
Dengan segala perjuangan, bapak teknisi itu kesana kemari membetulkan ini itu, utak-atik ini itu. Kami nggak paham. Tapi, ada satu hal yang kami tangkap, kamar mandinya sembuh, waaww..bapak itu sungguh ajaib.
Kamar mandi pojokan pun kembali naik daun. Anak-anak jadi rajin mandi di sana lagi. Udah layaknya tempat dugem, kamar mandi itu selalu ramai setiap malamnya.
“Alhamdulillah yah, kamar mandi kesayangan udah bisa dipake lagi,” ujar Memey.
“Iya. Kita juga jadi nggak takut lagi. Sekarang udah jelas kalo di kamar mandi itu nggak ada hantunya,” jawab Rika.
“Udah udah pada mandi sono!” ujar gue sirik. Gue dari tadi liat TV, jadi nggak konsen karena denger mereka ngobrol.
“Iya mbak, aku mandi duluan,” jawab Rika nurut.
Untung aja, gue punya temen kos sopan, baik lagi. Kalo sama orang lain, mungkin gue udah dilempar uleg rame-rame, hihii.
Adek kos langsung menuju kamar, menyiapkan alat mandinya. Lalu ia menuju kamar mandi. Sementara Memey, partner gue nonton TV, milih balik ke kamarnya. Nggak lama kemudian gue denger teriakan.
“Kok lampunya mati lagiii!!! Yah, aku gimana mandinya?!”
Saat itu lampu parkiran dan beberapa lampu di kamar mandi padam secara bersamaan. Suasana jadi mencekam, karena saat itu udah hampir magrib. Kegelapan sudah menyelimuti seantero kosan. Tapi gue coba positive thinking, mungkin korsleting lagi, semua lampu yang padam arusnya memang sejalur. Sebenernya masih ada lampu yang sehat di kamar mandi tengah. Jadi harusnya dia masih bisa mandi dengan penerangan yang cukup kalau mau pindah. Tapi karena phobia gelap lebih kuat dari hasratnya untuk mandi, adek kos tetep takut juga.
“Ini lampu rusaknya kapan siiih?!! Masak baru dibenerin udah rusak lagi???!!!!” kata Rika setengah kesal.
“Ya udah aku temenin,” ujar gue spontan.
Merasa jadi kakak kos yang baik, gue jadi punya beban moral buat nemenin dia mandi. Enggak, gue nggak nawarin buat jadi umbrella girl kok. Gue langsung tancap gas menuju parkiran. Kebetulan motor adek kos di parkir tepat di depan pintu ruang TV yang berbatasan dengan parkiran, jadi gue bisa nonton TV di atas motornya sambil gelap-gelapan. Gue melihat Rika mondar-mandir dari kamar ke kamar mandi sambil membawa sesuatu.
“Semangat, semoga berhasiiil!!” gue memberikan semangat pada adek kos yang melintas sambil joget-joget ala cheerleader pantura.
“Di sini aku pasang lilin ya mbak?”
Give me ‘I’, give me ‘Y’, give me ‘A’, IYEESSS!!”
Rika mulai menaruh lilin di sepanjang jalan yang mengarah ke kamar mandi.
“Mbak Tiaaaaas!! Pintunya nggak aku kunci yak!!”
“He??” Gue syok dan reflek nutup muka pake tangan sambil ngintip di sela-sela jari.
Adek kos masih ngebiarin pintunya kebuka.
“Tutuuuuup aja!!!” teriak gue histeris.
Jelas gue protes, kalau kayak gini sih yang bikin horor bukan hantunya. Gue masih bisa paham kalau adek kos takut gelap dan naruh lilin di jalan, tapi kalo ngebiarin pintu kamar mandi kebuka dan laporan sama gue, maksudnya apa coba???
***
Sumber gambar http://www.diy.com/projects/create-a-dream-bathroom/CC_npcart_800007.art




0 komentar:

Posting Komentar

HANTU KAMAR MANDI?