RENOVASI




Ide brilian Pak Kos buat renovasi kosan meninggalkan cerita tersendiri. Beberapa minggu setelah kasus bocor melanda, kosan tiba-tiba rame banget gara-gara kedatangan beberapa pria. Salah satunya adalah tetangga sebelah, Aji, baru lulus SMA, mukanya manis banget. Anak-anak pada girang.
Waktu Aji mau masuk kos, anak-anak berebutan bukain pintu. Semuanya pasang tampang dimanis-manisin. Ketika pintu dibuka, Aji bilang, “Mau benerin kos mbak.”
Yaaah, anak-anak langsung pada balik ke kamar masing-masing. Ternyata Aji bawa temen pak tukang. Tiap hari kosan kami jadi ramai. Tiap hari kami diapelin sama pak tukang. Tiap hari kosan kami full jedag-jedug bunyi peralatan bangunan, musik ajeb-ajeb milik mbak Lina yang udah jadi ikon kosan jadi nggak kedengeran.
Dalam rangka membenahi atap biar nggak bocor, pak tukang juga mengganti warna cat tembok. Warna tembok luar yang awalnya biru suram, sekarang diganti putih, kosan jadi kayak masjid. Sedangkan warna tembok kamar, warna asalnya lebih beragam lagi, ada yang warnanya biru, hijau, putih, tiap kamar warnanya beda, udah mirip kios pokoknya. Warna yang macam-macam itu, agaknya mau diganti juga sama pak tukang.
Waktu kamar gue kebagian giliran untuk dicat, gue memberesi barang-barang ke kamar sebelah untuk diungsikan. Barang demi barang gue pindahin, hingga semuanya bersih tak bersisa. Kemudian terpikir, “Kenapa nggak pindah kamar sekalian?”
Alhasil, gue memang nggak kembali ke kamar yang lama. Kebetulan mbak kos sudah lulus, sedang mbak kos lain pindah ke kosan yang lebih deket sama tempat kerjanya. Mbak Ceria dan mbak Wiwied juga bentar lagi pulang kampung, karena udah lulus. Kamar kosongnya jadi banyak banget.
Kamar demi kamar udah dicat, kecuali kamar Memey. Tiap kali pak tukang mau ngecat, pasti kamar Memey udah dalam kondisi terkunci, pak tukang jadi nggak bisa ngecat. Mungkin mereka nggak jodoh.
Pak Tukang berpesan, “Mbak, tolong bilang sama yang menempati kamar paling pojok. Besok kuncinya ditinggal aja, biar bisa saya cat.”
Pesan gue sampaikan, tapi mendengar pesan itu, Memey nggak rela, “Aku nggak mau kalau kamarku dicat. Boleh dicat tapi catnya harus rata!”
Syarat apaan tuh? Anak-anak pada ngliatin Memey aneh, “Nggak apa-apa Mey, dicat aja biar kelihatan kompak. Nanti kalo kurang rata, kan kamu bisa pake krayon kamu buat nambal sendiri.”
Bener juga, koleksi crayon dan pensil warnanya Memey lengkap banget, bilangnya sih itu untuk gambar peta. Tapi krayonnya lebih sering gue pinjem buat latihan dandan. Yang warna pink sama peach buat blash on, yang warnanya salem atau gothic buat eye shadow. Yang item atau coklat, buat pensil alis. Yang merah, buat lipstik. Kreatif kan? Abis itu, dijamin deh. Mukanya nggak bisa dibedain sama papan tulis.
Balik lagi soal cat tembok, gue yang punya hobi menggambar pun mulai menawarkan beberapa solusi ke Memey.
“Betul Mey, kalo perlu nanti tak bantuin gambar singa duduk, biar nggak ada yang gangguin kamu kalo lagi di kamar,” gue menambahkan. “Atau kita gambar yang lebih berwarna-warni biar kayak playground?”
Tampang Memey masih skeptis.
“Ya udah...ya udah, aku gambarin pohon deh, lengkap sama uletnya. Kan anak Geografi sukanya mainan di pohon.” Teori dari mana tuh, gue sendiri nggak ngerti. “Aku tambahin gambar semak-semak deh, buat kamu pipis.”
Memey makin skeptis, sementara anak-anak lain menyambut dengan ketawa kuda.
“Ya udah pindah aja ke kamarku yang lama, catnya rata tuh,” gue akhirnya kasih solusi yang wajar. “Nanti aku bikin gambarnya di kamarmu yang lama, hahaha!”
“Bilang aja kamu mau gambar! Dasar!” Memey akhirnya angkat bicara, “Aku nggak mau pindah ke kamar lamamu, warnanya kuning kayak gigi, aku nggak suka.”
“Loh, nggak masalah, biar gigi kamu ada temennya.”
Spontan Memey langsung lempar dongkrak ke gue. Abis gimana, bukan gue yang request, emang pak tukangnya lagi suka warna kuning stabilo, ngejreng.
“Kan sama aja nanti kalo kamar kamu dicat, warnanya kuning juga,” gue menambahkan.
“Iya, juga ya? Tapi pak tukang ngecatnya nggak rata. Aku nggak suka. Liat aja kamarnya Dalia, masak kamarnya jadi kuning ijo, kayak lampu lalu lintas.”
“Punyaku bukannya nggak rata Mey, itu belum selesai tapi udah ditinggal pak tukang,” Dalia langsung kasih koreksi.
“Tuh kan? Buat ngecat kamarnya Dalia aja nggak cukup, trus pak tukang mau ngecat kamarku pake apa nanti?”
“Mungkin aja itu sengaja dicat separo, soalnya Dalia bayar kosnya belum lunas, kan kamu udah lunas, jadi nggak usah khawatir,” ujar gue lagi.
Memey diem, gantian Dalia yang lempar panci ke gue. Sementara itu Memey tetep keukeuh dengan pendiiriannya.

Esok harinya...
“Yas, aku berangkat ngampus dulu ya?” ujar Memey pamitan – jadi berasa kayak emaknya.
“Tumben banget? Biasanya jam segini belum bangun, ada kuliah pagi?” tanya gue.
“Enggak, kuliahnya masih ntar siang, tapi berangkatnya sekarang aja deh keburu pak tukang datang.”
Ampun dah, ini Nyai Dasimah ada-ada aja tingkahnya.
“Ini baru jam tujuh kurang Mey, kamu mau ngapain di sana? Lagian hati-hati loh, kalau pagi itu biasanya banyak penculikan anak. Biar aman, sana minta anter sama pak tukang.”
Memey langsung jerit-jerit. Entah, tingkah Memey pun mulai nggak jelas, sejak denger kabar kamarnya mau dicat. Dia selalu menghindar dengan berbagai cara untuk mempertahankan keaslian warna kamarnya.
Esok harinya, sekitar pukul 10.00, pak tukang dateng lagi buat ngecat.
“Mbak, ini yang punya kamar dimana? Saya mau ngecat,” tanya pak tukang ke gue.
“Ada kok Pak, dari tadi di kamar.”
“Nggak ada itu mbak, kamarnya terkunci.”
“Hah?” gue bengong. Satu menit yang lalu perasaan gue lihat Memey, masak sih dalam sekejap dia bisa ilang.
“Ya udah mbak, besok aja ngecatnya.” Pak tukang langsung balik badan, ngerjain pekerjaan yang lain. Ini udah yang kesekian kalinya, pak tukang nyari Memey tapi nggak ketemu. Beberapa saat setelah pak tukang pergi, Memey muncul.
“Darimana Mey?” tanya gue.
“Cuci muka.”
“Gila! Cuci muka aja, kamar pake dikunci. Dicariin pak tukang tuh.”
“Iya.” Memey cengengesan, tapi nggak ngerespon.
Wah, sengaja ni anak. Niat banget, heran.
“Ati-ati loh Mey...” gue nakut-nakutin.
“Kenapa?”
“Pak tukang ditolak, dukun bertindak.”
“Sialan lo! Dasar siluman tapir!”

Esok harinya lagi...
“Mbak mau ngecat kamar,” ujar pak tukang permisi.
Saat itu, Memey lagi ada di kamar gue. Spontan dia berbisik, “Tias, gue ngumpet di sini ya. Jangan bilang-bilang pokoknya.”
Sial, sekarang gue jadi terlibat dalam kejahatan tidak bermutu ini. Lama-lama Memey mirip mafia pajak yang dikejar aparat karena belum bayar tagihan.
“Mbak...” ujar pak tukang lagi.
Gue langsung keluar kamar. “Iya pak?”
“Mau ngecat kamar...”
“Itu kayaknya kamarnya kebuka deh Pak,” ujar gue sambil nunjuk ke kamar Memey.
Pak tukang langsung menuju kamar Memey, lalu masuk dengan membawa peralatan cat. Tak lama kemudian, pak tukang keluar lagi.
“Kok barangnya belum dipindahin mbak? Saya gimana ngecatnya?” tanya pak tukang lagi.
Emang tu anak minta dilempar kecap kali ya, dia yang mau pindahan, kenapa jadi gue yang repot. Akhirnya, mau nggak mau gue ngeles juga.
“Aduh, maaf Pak, kayaknya kemarin dia lagi sibuk punya gawe, ponakannya lagi sunat yang kedua. Jadi belum sempet mindahin.”
“Uuugh..” reaksi pak tukang kaget. “Oh..ya udah mbak, besok aja.”
Pak tukang langsung keluar ngerjain bangungan atas – sabar banget ya. Sementara itu Memey masih di kamar gue, menutupi dirinya dengan selimut.
“Meeey...udah pergi pak tukangnya,” ujar gue. “Ini yang terakhir ya, gue nggak mau teribat dalam kerandoman hubungan kalian lagi.”
“Heheee...makasih ya..”
“Kamu mau sampe kapan pehape-in pak tukang yang nggak berdosa itu Mey?”
Memey diem.
“Mending pindah ke kamar lamaku aja deh, lagian kamar kamu kan pernah bocor. Pindah situ aja, jadi biar nggak sendirian di pojok kayak anak pungut.”
Memey langsung manyun-manyun.
“Gue bantuin deh pindahannya...”
Memey tetep nggak ngerespon.

Setelah berjuta-juta tahun cahaya...
Pagi hari sekali, Memey muncul dengan tiba-tiba di kamar gue. Dengan muka fresh from the bedroom, ia berucap pelan,
“Yas, bantuin pindahan...”
*muka gue sumringah kayak abis dapet lotre satu milyar – tapi dibayar pakai gorengan.
Yesss!!!! Akhirnyaaa dia tobat juga, capek kali ya main kejar-kejaran sama tukang. Hari-hari penuh pehape pun berakhir.
“Tapi kamu yang mindahin barang-barangku ya?”
“Hah? Gue?” *mecahin beton pake jidat
***
Sumber gambar http://rumahkecilminimalis.com/kombinasi-warna-cat-rumah-minimalis




0 komentar:

Posting Komentar

RENOVASI