Amazing Weekend




Anak kos yang menyandang gelar jombo fanatik macam gue ini selalu punya rutinitas yang sama tiap libur kuliah Sabtu Minggu, yaitu ngebo in the weekend alias hibernasi. Karena ngebo di kosan temennya banyak, jadinya malah mirip kumpul kebo ketimbang hibernasi.
“Mbak Tiaaas...” panggil dek Rika dari dalam kamarnya.
“Yaaa..?!” jawab gue yang masih melungker di atas kasur.
Jarak antara kamar gue dengan kamarnya Rika cuma dua kamar, jadi wajar ya atas nama “kemalasan”, kami teriak-teriak dari dalam kamar masing-masing untuk komunikasi.
“Nanti malam mau kemana??”
“Nggak kemana-mana. Kenapa?”
“Aku ajakin ke Ngarsopuro ya?”
“Ke pasar malam itu? Mau ngapain kita ke sana?”
“Anterin temenku. Nanti sama Ika juga.”
“Hah?” gue nggak ngerti.
“Temen-temenku minta anter ke Ngarsopuro, udah dari dulu mbak, tapi batal mulu. Yang tahu tempatnya itu cuma aku sama Ika.”
“Kenapa kamu nggak kesana sama Ika aja?”
“Yang berangkat lima orang mbak, kalo aku sama Ika, kasihan temenku nanti naik motor sendiri. Jadi aku ngajak mbak Tias.”
Sekarang gue tahu posisi gue dimana. Bener, jadi pelengkap.
“Oke deh. Tapi hawa-hawanya mau ujan ini.”
“Semoga aja nggak ujan mbak.”
Malam harinya, tepat sebelum berangkat, gerimis turun. Gue anteng aja, gue kira acaranya batal. Secara pasar malam itu sebagian ada di tempat terbuka dan sebagian di tempat tertutup. Sedangkan bangku-bangku yang biasa digunakan untuk nongkrong ada di taman yang terbuka. Logikanya kalau maksa ke sana bakal kehujanan juga dan nggak punya temen. Tapi dua adek kos gue tau-tau udah dandan cantik, necis, dan siap capcus. Di sini gue mulai bingung.
“Jadi berangkat?”
“Jadi mbak, aku nggak enak sama temen. Kalau hari ini nggak berangkat nanti aku ditagih-tagih mulu.”
“Ya udah deh.” Gue idem. “Tapi masalahnya, aku nggak punya baju nih, pada dicuci semua,” ujar gue sambil nunjukin baju yang gue pakai. Waktu itu gue memakai celana buat tidur dan atasan kaos oblong, yah biasa baju standar anak kos nyari makan.
“Mbak, mau pakai bajuku apa?”
Sepakat. Lalu gue pun mengobrak-abrik isi almarinya untuk mencari kostum yang pas di badan gue. Untuk kaosnya sih nggak masalah, udah bagus kalau dipake keluar. Yang gue butuh adalah celana, soalnya yang gue pakai waktu itu gampang melorot, kan nggak enak kalo ntar pas jalan tiba-tiba emm...anu gue keliatan, maksud gue short pant.
Waktu gue lihat koleksinya, waaww..adanya celana gedhe banget, ada yang kecilan tapi warnanya orange stabilo, ada yang pas tapi resletingnya rusak, ada yang item kecil tapi tipis banget.
“Gimana mbak?” tanya Rika.
Gue masih bingung milih-milih hingga akhirnya gue mutusin buat milih. “Ini aja deh,” ujar gue sambil ambil satu celana yang resletingnya rusak. Fyuuh.
“Nggak masalah mbak, kan kaos mbak panjang. Jadi nggak akan ada yang tahu kalau resletingnya rusak,” ujar adek kos menghibur.
Bener sih, tapi kan lo udah tau. Hiks.
“Eh, mbak mau pakai rompinya sekalian? Baju yang mbak pakai itu tipis, ini ada rompinya, mbak mau pakai?”
“Coba deh..”
Adek kos peduli banget. Gue jadi terheru termehek mehek. Meski sebenernya juga nggak ada yang bisa diekspose dari diri gue yang kecil kurus tipis ini.
Gue nyobain rompi yang ditawarin Rika. Gue merasa jadi gaul seketika. Gue sih nyaman pakai setelan baju itu, tapi adek-adek kos yang lain pada mandangin gue aneh, secara biasanya gue dandannya lebih dewasa *bukan dewasa sronok tapi dewasa yang gitu deh. Lama-lama, gue sendiri juga ngerasa aneh, bukan karena bajunya aneh di gue, tapi gue merasa kalau baju itu nggak familiar banget. Gue belum pernah lihat Rika pakai baju itu, kan gue nggak enak kalo itu baju baru, masak gue yang pertama kali pakai. Spontan gue nanya ke dia.
“Kamu pernah pakai baju ini nggak sih? Kok aku belum pernah lihat.”
“Pernah kok mbak? Sekali.”
“Oooh..Kamu pakai kemana, kok aku nggak tahu?”
“Ke kandang.”
Gue langsung mingkem, speechlees. Rika yang notabenenya anak peternakan emang selalu punya agenda buat ke kandang buat ngerawat ternaknya. Sekarang, masalahnya ada di gue. Itu baju gue sendiri yang milih, tapi kenapa itu seragam kandang?? *nambal muka pake lempung
“Mbak tahu nggak itu baju kapan?” ucap Rika lagi.
Gue mikir sejenak. Lebaran beberapa tahun yang lalu gue pengen banget baju kayak gitu, tapi nggak dibeliin sama nyokap. Jadi tiap lihat baju kayak gitu, gue selalu bilang kalau itu pasti baju lebaran. Aslinya sih, itu baju buat maen.
“Emmm..baju lebaran bukan?”
“Bukan mbak...itu baju waktu aku SMP,” ujar Rika bangga banget karena masih bisa nyimpan baju SMP-nya.
Tiba-tiba aja gue kena serangan asma. Gue merasa kesindir abis-abisan karena baju itu longgar banget di badan gue dan dia bilang itu baju SMP-nya. Untungnya di luar masih hujan, jadi gue memutuskan untuk meninggalkan seragam SMP itu dan memakai jaket gue, biar gue nggak disangka anak kecil ilang yang lagi nyari mamanya di pasar malam.
“Berangkat sekarang aja yuk,” gue mengalihkan pembicaraan.
Lalu berangkatlah kami bertiga – pake satu motor. Bukan ke pasar malam, tapi ke angkringan. Yup, sebelum jalan-jalan, wajib hukumnya untuk isi bensin. Demi kelangsungan hidup dompet kaum duafa, makan di angkringan aja cukup, nggak usah di pasar malam, mahal.
“Hujaaaan!! Aku ngebut nggak apa-apa yak?” tanya Rika.
Gue mah idem aja, kan dia yang di depan, gue mah di tengah, aman. Sementara Ika yang posisinya di belakang banyak nelen air hujan soalnya kepalanya paling tinggi diantara kami bertiga.
Ujung-ujungnya kami bertiga basah kuyup, cuma beda level, kalau gue itungannya yang paling beruntung soalnya dilindungi mereka berdua, jadi nggak basah-basah amat. Ini habis dandan bukannya tampil cantik, tapi malah mirip burung emprit kecebur kali.
Ya beginilah jadinya kalau jomblo kelayapan di akhir pekan, hujan, kalau tadinya udah hujan ya hujannya tambah deres. Emang ya, kalau jomblo itu harusnya diem aja di kosan, terima nasib.
Sesampainya di angkringan, kami balas dendam, makan banyak biar badan anget. Gue sendiri pesen banyak sate-satean biar gemuk. Sembari nunggu, pesanan kami diangetin, kami ngobrol-ngobrol.
“Nanti kita ketemuan dimana sama temen-temen kamu?” tanya gue.
“Tadi sih bilangnya suruh langsung ke kosnya mbak. Pulsa temenku lagi abis.”
“Eh, bentar. Jadi, pas hujan ini tadi kamu belum konfirmasi jadi atau enggaknya?”
“Udah mbak, tapi dia belum bales.”
Dia belum bales, tapi kita udah berangkat. Waww, gue merasa bodoh seketika.
“Coba deh tanya lagi, kalau penting pasti dia minjem hp temennya kan buat bales. Masalahnya kalau kita maksa ke sana juga kita nggak bisa ngapa-ngapain. Di sana juga pasti sepi.”
Adek kos diem. Suasana hening, hingga pesanan makanan kami datang dan suasana cair kembali. Makanan memang alat persatuan yang tak tergantikan.
“Enak ya,” ujar gue mupeng.
“Di sini kalau malem ada nasi bakarnya mbak.”
“Oh ya? Kita harus sering ke sini nih.”
Tak lama kemudian hape Ika bunyi twing...twing...gue nggak tahu deh isinya apa, tapi intinya acara ke pasar malam waktu itu dibatalin. Mereka ogah pergi kalau hujan. Yesss!!
“Jadi?”
“Ya udah kita pulang mbak,” jawab Rika ikutan lega.
Gue kelap kelip mandangin adek kos, mandangin hujan, balik mandangin adek kos lagi, mandangin baju pinjeman, mandangin hujan lagi, mandangin sate yang belum dibayar..
“Pulang?” *nampakin muka setengah linglung
Gue sendiri nggak tahu mesti seneng atau sedih. Sekalinya seorang jomblo ngegaul di malam Minggu, yang didapat bukannya seneng tapi justru kehujanan, terdampar di angkringan, pulang masih kehujanan lagi. Nyebelinnya lagi, waktu sampai kosan hujannya berhenti.

Esok harinya...
“Haaaaaiiikk....haaaaaiiiikkk, dek tolong ambilin minyak angin. Kepala gue kembung, perut gue pusing.”
“Aku kerokin mbak?”
“Enggak perlu, minyak anginnya aku minum aja biar cepet sembuh.”
“Lhoh mbak, jangaaaan!! Jangan bercanda.”
Sial.
Gue: *nenggak minyak angin sekalian botolnya.
Tamat. ---------------------------------> minyak anginnya yang tamat.
***
Sumber gambar http://fusion.net/story/311999/studio-ghibli-women-anime-directors/




0 komentar:

Posting Komentar

Amazing Weekend