Cerita Malam Jumat




Kalo ada orang yang bilang malam Jumat itu adalah malam keramat, gue rasa itu ada benernya. Pasalnya, pengalaman di malam Jumat ini agak beda nggak seperti malam-malam Jumat sebelumnya. Memey dateng ke kamar gue dengan penuh semangat. Dengan muka serius dia bercerita.
“Tau nggak Yas, kemarin gue lihat film horor banget. Masak waktu gue lihat itu ada penampakan di jendela busnya. Judulnya mirip kayak merk santan, tapi juga kayak nama politikus siapa gitu.”
Gue bingung, bukan karena ikutan mikir judul filmnya apa, tapi karena bingung dia itu sebenarnya mau nanya atau mau nakut-nakutin. Tapi pada akhirnya juga gue mulai bantuin Memey yang suka mendadak amnesia buat menerka-nerka judul filmnya apa.
“Beranak dalam kubur?” tebak gue.
“Bukan Yas, merk santan!” dia ngotot.
Gue mikir dalem-dalem, “Kara? Hantu apaan tuh?”
“Ummm...umm.. Ka...ka... KALA!” jawabnya sumringah banget.
Sumpah ya, wajahnya tu happy banget waktu inget judul film itu, ngalah-ngalahin kalau gue nemu duit seribu di jalan.
“Kala? Film politik ya?”
“Nggak tau. Kemarin itu pas gue lihat sih gambarnya kayak film jaman dulu, jaman perang gitu, tapi ada adegan ngeri-ngerinya. Terus pas masnya pulang tau-tau ada penampakan di jendela busnya.”
Krik...krik...krikk...
 “Film sadis apa horor sih?” gue tanya lagi.
“Nggak tau, abis lihat penampakannya, gue jadi takut, terus gue tidur.”
*Ini kalo gue pikir dengan serius, bulu hidung gue bisa rontok 200 helai.
Demi kelestarian bulu hidung gue, gue diem. Gue juga bingung mesti nanggepin gimana.
“Nonton yuk Yas?” *pasang tatapan melas ala puss in boots.
Emang temen kos satu ini pinter banget nampakin wajah pura-pura teraniaya, mana gue orangnya nggak tegaan lagi (amiin). Alhasil, gue sama dia nonton bareng di kamar gue.
Menit-menit pertama, fimnya emang absurd banget, tapi lama-lama jalan ceritanya jelas juga. Ternyata itu film horor yang bercerita tentang pencarian harta karun Bung Karno yang dijaga oleh setan. Nahh, setan ini nih yang ternyata udah nakut-nakuitn Memey karena dia udah nongkrong di jendela bus.
Kalo malam Jumat nonton film horor tuh emang ada tantangannya sendiri. Tapi justru itu yang bikin gue rada-rada sebel sama Memey. Gimana enggak, masak pas setannya mulai muncul dan adegan-adegannya semakin sadis, gue malah ditinggal tidur sama dia. Alhasil, gue ketakutan sendiri di kamar.
Disela-sela adegan sadis plus horor itu, tiba-tiba aja ada sosok muncul di depan pintu kamar gue yang masih kebuka. Mukanya keliatan setengah dengan rambut panjang terurai.
“Aaaaah!!” gue kaget.
“Mbak kenapa?”
Ternyata Febri, sial!
“Febrii, kenapa kamu menampakkan diri dengan cara seperti itu??!!” gue kaget. Hampir aja gue reflek lempar gunting ke dia.
“Lagi apa mbak?” tanyanya dengan muka tak bersalah.
“Nonton film horor.”
Adek kos kelihatan nggak tertarik sama sekali, dia langsung balik badan dan lebih milih nonton TV. Tak lama kemudian gue denger Febri teriak-teriak.
“Aaaaaargh, ini apaan? Kucing nakal!!”
Gue penasaran, sebelumnya gue emang lihat kucing lewat di ruang TV. Pikiran gue udah kemana-mana, jangan-jangan itu kucing jadi-jadian, jangan-jangan itu hantu kucing penjaga harta karun, atau adek kos nggak sengaja nemuin harta karun peninggalan kucing?
“Mbak Tias, ada tai kucing!!” teriak Febri lagi.
“Hah? Kok bisa?” gue langsung nyamperin dia. Anehnya tuh, melihat tai kucing, Febri malah ketawa gembira, gue jadi makin penasaran sama mukanya yang bahagia itu.
“Aduh maaf ya mbak, sprei mbak jadi kotor. Tadi kan aku lagi bersihin sprei pakai sapu ijuk kesayangan kosan itu. Aku awalnya nggak tahu kalau ada tai kucingnya, ya aku santai aja. Tapi lama-lama kok tainya jadi rata.”
“Astaga!! Bisa-bisanya!!” jawab gue ikutan heboh tapi nggak bantuin dia sama sekali. Sprei yang dipakai di ruang TV emang sprei gue dan malam itu adalah pemakaian perdanya. Gue kaget banget sprei gambar sapi yang warna kuning kesayangan gue itu udah sukses diperawani sama kucing kecil nakal. Mungkin dikiranya kandang sapi kali yeee, jadi do’i numpang boker. Yang pasti gue kecewa berat, kucing kosan yang selama ini jadi panutan kucing-kucing di komplek sekarang udah mulai kurang ajar.
Gue lihat Febri masih ketawa-ketawa. Gue makin penasaran, “Kok malah ketawa sih?”
“Tadi itu, aku sempet nyium kotoran itu mbak, soalnya kukira bumbu sate,” jelas Febri dengan polosnya.
Gue ketawa ngakak. Dasar odong-odong, ini cewek cantik tapi nggak bisa bedain mana sambal sate mana kucing mencret. Jelas-jelas malam itu nggak ada yang makan sate.
Gue jadi nggak tega. Alhasil, tengah malam buta gue sama Febri bersih-bersih kosan, mulai dari nyuci sprei, ngepel, ganti kasur. Jadi berasa kayak syuting film Tersanjung, jadi anak tiri yang bekerja sampe larut malem gara-gara dihukum mama Anita *jadi ketahuan deh angkatan jaman kapan. Sementara anak-anak lain udah pada sibuk sama mimpi-mimpi indah mereka, apalagi Memey *lempar tatapan tak ikhlas.
“Udah selesai nih, kamu nggak tidur?” tanya gue.
“Belum bisa tidur mbak.”
“Mau ikutan aku nonton film?”
“Pemainnya ganteng nggak sih mbak?”
Yaelah ni anak, mau dikata gantengnya kayak Mbrett Pith, kalo itu hantu, emang elu mau ama diyyaaaa??
“Liat sendiri aja sini.”
Gue nggak mau jawab, aslinya sih gue nyari temen. Tapi lama-lama adek kos geleng-geleng. Udah jelas mukanya yang manis nan imut ala Barbie Wonogiri nggak matching sama film horor. *Emang gue?
“Ya udah deh, tak temenin dari kamar.”
Gue masuk kamar dan melanjutkan nonton film. Tak lama kemudian. Gue denger Febri teriak-teriak lagi, “Mbak Tiaaas... ayo temenin nonton dunia lain.”
“Eerrrrrrgggh!!”
***
Sumber gambar http://www.ceritapesugihannyata.com/2015/11/




0 komentar:

Posting Komentar

Cerita Malam Jumat