Salon Magic




Kalau bahas soal salon, gue yakin kaum cewek pada setuju kalau gue bilang salon itu adalah surga dunia kedua setelah tempat belanja. Jaman sekarang, cewek mana yang nggak mau kelihatan cantik? Laki-laki aja ada yang pengen kelihatan cantik, apalagi cewek. *yiiuuuk
Dunia kecantikan emang semakin hari semakin hingar bingar. Tapi buat Memey, itu semua nggak ada efeknya. Meski dia sudah tumbuh sebagai wanita dewasa yang cantik, dia nggak pernah sekali pun mau masuk salon. Suer demi sendal-sendal yang hilang di masjid, Memey itu anti banget sama salon.
Gue sendiri sebenarnya juga jarang menjamah salon, karena gue agak apatis kalo menyinggung soal kecantikan dan fashion. Tapi gue tetep pergi ke salon, minimal buat potong rambut. Nah diyee??
“Terus selama ini kamu potong rambut dimana?” tanya gue penasaran. Secara ya, rambutnya selalu kelihatan rapi dan nggak pernah tumbuh melebihi pinggang. *jangan-jangan itu wig
“Dipotong babeku,” jawabnya singkat dan enteng banget. *Ouh, ternyata bukan wig
“Bapak kamu bisa nyalon?” tanya gue lagi.
“Enggak.”
Krik...krik...krik....
Mau gue nungging, salto, nyungsep, gue tetep kagak ngarti dah. Terus bokapnya motongnya gimana coba?
Gue hanya mampu speechless sambil bayangin. Bokapnya itu, kalo gue lihat sangar. Kesehariannya dekat dengan alat-alat yang macho banget, kayak clurit, kapak, cangkul, dan temen-temennya. Gue jadi bayangin bokapnya Memey motong rambut pakai kapak. Sementara sang ibu menemani di sebelahnya sambil komat-kamit baca doa biar anaknya selamat.
Tapi kalau lihat karakter orang-orang generasi lama yang serbabisa, kayaknya potong rambut sih biasa ya. Jagi gue bayangin prosesi pemotongan yang lebih wajar. Mungkin aja, bokapnya naruh mangkuk di kepalanya lalu rambutnya dipotong mengikuti pinggiran mangkok itu. Kalo bener gitu, pasti abis potong rambut Memey langsung dapet tawaran main film bareng Boboho, judulnya Shaolin and Friends Lost in Ngawi – dibuat series 925 episode dengan ending Boboho nikah sama Memey.
Tapi ternyata bukan juga. Tanpa penjelasan yang jelas, dia cuma bilang, “Gimana ya, tau-tau rambutnya udah rapi aja gitu.”
Gue, ambil nafas, tahaaan, tahaaaaan, tahan bentar lagiiii ... kentutin di depannya.
Kalau diamati modelnya, dia sering banget potong segi dengan poni nyamping di dahinya. Nggak neko-neko pokoknya. Sesekali kalo bosan model segi, dia potong model lurus tapi masih ajeg pake poni nyamping. Rambutnya selalu rapi. Pernah suatu kali, ketika rambut gue udah sepanjang jalan kenangan, gue ngajakin dia buat ke salon.
“Ayoook Mey, potong rambut, di belakang kampus ada salon baru, harganya miring lagi,” bujuk gue.
“Nggak mau.”
“Aku yang bayarin ntar,” gue coba bujuk lagi.
“Enggak.”
“Aku bayarin plus tak pinjemin satu set bantal guling deh.” *dia kan suka bola alias bobo’ lama
“Enggak, makasih. Bantal kamu ileran, belum lagi guling punya kamu itu kan minjem punyaku belum kamu balikin.”
Ooops.
“Ya udah ... aku tambahin gratis ngopi koleksi film terbaruku, mau?”
“Oke, deal, mau. Tapi kamu aja yang motong rambutnya ya?”
“Whaaattt???” *keseleg bulu babi
Gue motong kertas aja nggak lurus maaak, gimana mau motong rambut coba? Sekejap gue melipir ke temen kos yang lain buat diajakin nyalon.
Beberapa hari berikutnya, gue masih melihat Memey dengan rambutnya yang panjang. Mungkin bokapnya lagi sibuk, jadi nggak sempet motong. Jadinya, rambut panjang itu masih menggantung indah di kepalanya. Tapi entah mengapa, sepertinya ia agak nggak nyaman gimana gitu dengan style rambut panjangnya. Jadi, dia sering banget nyamperin gue di kamar kos sambil meminta gue untuk motongin rambutnya.
Gue nggak mau ambil risiko, secara rambutnya udah indah dan bikin banyak orang iri. Kalau tiba-tiba gue potong terus jadi mirip semak belukar gimana? Bisa dikapak sama bokapnya ntar gue! Anehnya, temen gue ngotot.
“Ayolah, nggak masalah. Kan cuma potong doang.”
“Aku nggak bisa. Aku anterin ke salon aja deh, aku yang bayarin.” *sambil nengok isi dompet, yess, masih cukup buat ke tukang cukur rambut madura
Temen gue geleng-geleng. Selama setengah jam lebih dia masih nongkrong di kamar gue masih dengan misi yang sama, minta potong rambut. Lama-lama jadi nggak tega liatnya.
Gue ambil nafas dalam sambil ngelus jidat.  “Iya deh, aku potong, tapi modelnya lurus aja ya, kalo segi aku nggak ada guntingnya.”
Dia idem. Gue langsung nyiapin karet nasi padang buat ikat rambut, gunting, dan sisir seadanya.
“Potongnya dikit aja ya, kira-kira sebahu ini nih,” ujarnya sambil menunjuk bahu yang dimaksud. “Jangan lebih dari sepuluh senti.”
Gue pernah melihat ketika capster lagi motong, rambutnya dibagi-bagi dulu jadi beberapa bagian, lalu dipotong urut dari bagian bawah. Gue pun mengikuti ilmu otodidak itu semampu gue.

3 jam kemudian...
“Gimana menurut kamu?” tanya gue sambil nyodorin kaca di belakangnya.
Dia melihat penampakan rambutnya dari kaca belakang. “Kayaknya yang kanan lebih panjang deh”
“Oke, kupotong.”
Lima menit kemudian gue nyodorin kaca lagi, “Gimana?”
“Kayaknya, yang kiri jadi keliatan kurang rapi deh.”
“Oke, kurapikan.”
Lima menit kemudian. “Gimana?” tanya gue lagi.
“Yang tengah kok jadi cekungan gitu ya?”
Fyuuh. “Oke kulurusin.”
Lima menit kemudian. “Ini?”
“Kok jadi kayak jalan bergelombang?”
“Kok ujungnya kayak sarang walet gitu?”
“Kok keliatan berantakan?”
“Errrr....” gue nepuk pundah dia. “Mey, ada waktu bentar nggak?”
“Kenapa?”
“Berantem yuuk..”
“....................”

Setelah melewati dua purnama...
*Gue udah nyiapin korek sama bensin, buat jaga-jaga
“Naaaahhh, ini dia Yas. Udah good looking. Makasih ya.”
Yeiy! Akhirnyaaaaa!!! Gue tahu dia bakal bilang gitu, bukannya sombong atau apa, tapi rambutnya emang udah abis. Kalo minta dipotong lagi, gue yang bingung ntar mau motong apa.
Eksperimen yang kebetulan berhasil ini tampaknya membuat Memey menaruh kepercayaan lebih ke gue. Sekarang gue paham, dia bukannya trauma sama salon, dia hanya nggak mau dipotong sama capster – takut kebagusan mungkin.
Gue lihat Memey jadi hepi tralala dengan rambut barunya. Gue seneng juga sih, jadi bisa belajar motong rambut. Kalo perempuan lain mana mau coba, rambutnya dipertaruhkan untuk uji coba?
Entah mengapa sejak saat itu, gue juga jadi care sama rambutnya Memey. Pernah suatu kali gue lihat poninya udah panjang, lalu ia potong sendiri poninya itu. Gue yang dari dulu jadi penggemar poni samping, seketika berteriak miris ketika melihat poninya.
Gimana enggak, poni yang dulu cantik sekarang acak adut naik turun nggak rata. Ada yang dipotong kependekan, tepat di sebelahnya masih panjang, sebelahnya lagi kependekan, di bagian yang seharusnya dipotong paling panjang justru dipotong paling pendek. Jadi diliatnya gimana gitu, naik turun kayak tangga nada. Gue pun langsung menawarkan diri buat merapikan penutup jidat itu.
“Ini rambut yang dipake poni udah banyak, tapi potongannya nggak rapi semua. Jadi kayaknya nggak mungkin ambil lagi dari rambut atasnya buat nutupin.”
“Idem kamu aja deh Yas,” do’i pasrah.
Gue nggak mau Memey nyesel nantinya karena potongan rambutnya nggak sesuai selera. Jadi gue menawarkan beberapa piilihan.
“Ini bisa sih, langsung dirapikan, tapi nanti hasilnya kependekan. Atau mau dipotong dikit dulu aja, besok kalo udah tumbuh panjang kita rapikan lagi, kalo mau poni bagus emang nggak bisa instan sih, harus sering dirapiin.”
“Langsung dirapiin aja deh.” Memey nggak mau ribet.
Gue langsung mengikuti komandonya. Hasilnya?
Poni Memey jadi super pendek dan mirip banget sama rambutnya anak punk. Poni bagian depannya jeprak-jeprak ke atas mirip landak. Temen gue jadi kelihatan kayak bawa mahkota kemana-mana. Spontan, temen-temen kos pun langsung rame.
“Ya, ampuuun, siapa yang tega melakukan perbuatan keji itu padamu Mey?” *Dalia berbela sungkawa tapi disertai ketawa ngakak
“Mbak Memey tabah ya,” Rika nambah-nambahin.
“Mbak Tias, jahatnyaaaaa! Mbak Memey kan anak baik-baik mbak.” Febri ikut-ikutan.
“Memey sabar banget ya, mau menerima kenyataan ini....”
Mendengar itu, gue cuma bisa cengengesan. Memey juga, dia cuma diam tapi ikutan ketawa juga. Mahkotanya jadi bergerak lembut maju-mundur mengikuti gerak kepalanya. Melihat ekspresi Memey yang sumringah, gue jadi nggak nyesel-nyesel banget. Kayaknya Memey mulai nyaman dengan mahkota barunya.
Beberapa minggu kemudian, hasil potongan gue mulai kelihatan bagus. Tapi, itu jadi moment potong rambut terakhir buat gue, karena hasil karya gue itu menuai kritik tajam dari temen-temen kos yang lain. Mereka nggak ridho’ dunia akhirat, panutan style rambut mereka jadi korban malpraktek gue. HUUUAAAA, kalian kejam. *balik kanan, pulang kampung, hiks
***
Sumber gambar  http://www.shemazing.net/tag/hair-cut/




0 komentar:

Posting Komentar

Salon Magic