TV Kos




Febri bingung, “Mbaaaak, kok TV-nya nggak bisa nyala sih?”
Gue yang lagi ada di dalam kamar pun cuek bebek mendengar itu, karena gue  maklum, TV kosan udah tua, udah minta dituker sama kerupuk. Gue denger bunyi cethak-cethik tombol power TV dinyalakan.
“Kok nggak bisa juga sih?!” suara Febri diikuti dengan suara remot yang di tabok-tabokin ke paha.
“Kenapa sih Feb?” tanya mbak Wiwied yang mulai penasaran sama suara berisik Febri.
“Ini mbak, TV-nya nggak bisa.”
Percakapan mbak kos dan adik kos mulai panjang lebar disertai dengan argumen-argumen. Bunyi cethak cethik makin sering terdengar, juga bunyi remot yang dibanting-banting. Dan tindakan mereka berakhir pada kesimpulan “Iya, TV-nya rusak.” *Sigh
Waktu gue keluar kamar, ruang TV udah steril dari Mbak Wiwied maupun Febri, mereka berdua lagi asik ngobrol di kamar. Merasa penasaran, akhirnya gue coba tekan tombol power TV, tapi ternyata nggak ngefek, kemudian gue cabut kabel listriknya.
TV kesayangan di kos rusak. Mungkin kami memang butuh TV baru atau home cinema mungkin. Tapi TV bagus sama sekali nggak matching sama kosan kami yang sederhana, kami udah mulai sayang sama TV buthuk di kosan. Sembari mikirin hal itu, gue pergi wudhu, karena udah masuk waktu Ashar.
Selesai wudhu, gue balik lagi ke kamar untuk sholat. Tapi pas lewat ruang TV, gue keinget tadi udah nyabut kabelnya, jadi sekarang gue pasang lagi. Iseng-iseng, gue nyalain TV-nya juga.
Voilaaaa, TV-nya nyala.
Dari kamar mbak Wiwied terdengar suara pelan, “Eh bentar-bentar. Kayaknya ada suara.” Kemudian mbak Wiwid keluar kamar. “TV-nya nyala, kok bisa sih?” teriaknya heran. “Yang nyalain siapa Yas?”
Gue berdehem. Mbak Wiwied tambah heran. “Kok bisa sih?” ujarnya berkali-kali. Febri yang tadinya anteng di kamar pun ikut penasaran.
“Kok bisa nyala, tadi diapain mbak?”
“Dinyalain,” jawab gue singkat.
Beberapa minggu pasca TV ngadat, semua berjalan seperti biasa. Tapi masalah baru mulai muncul. Waktu itu malam Minggu, anak kos yang lain pada pulang dan memilih menghabiskan akhir pekan mereka di rumah. Dalia, mau nonton konser sama gebetannya. Memey, sibuk sama aktivitas di kampus, beda banget sama gue yang menyandang status mahasiswa kupug-kupug (kuliah pulang galau-kuliah pulang galau). Mbak Lina, stay di kos, tapi dia mau jalan juga sama temen-temennya. Febri sama Mbak Wiwied, mau nonton opera. Alhasil, gue terdampar di kosan sendirian.
Biar suasana kosan nggak horor, gue nyalain TV. Tapi yang terjadi adalah TV-nya penuh dengan semut. Aaaarghhh!! Ini TV tau nggak sih kalo gue butuh dia? Sial banget gue, malam Minggu, udah jomblo nggak punya temen pula, sekalinya nonton TV yang muncul acara Discovery Channel episode dunia semut. Gue jadi merasa seperti jomblo sebatang kangkung. TV aja punya semut, nah gueee??
Sabar menerima kenyataan, akhirnya gue ke kamar, tidur. Untungnya gue kalau galau nggak punya kecenderungan yang ekstrim kayak makan upil, minum soda campur pil KB, atau bikin nasi goreng pakai bensin. Gue kalau galau cenderung tidur, jadi keselamatan dan kehormatan gue terjaga.
Esok harinya, hari Minggu, waktu gue bangun, anak-anak lain masih pada tiduran. Suasana kosan pun mendadak seperti suasana pabrik yang karyawannya lagi ganti shift. Gue nyalain TV lagi, tapi sama aja masih kesemutan. Haduh, pagi-pagi TV udah berduaan sama semut lagi.
Bete dengan TV dan semut yang suka mengumbar asmara, akhirnya gue balik lagi ke kamar, bengong. Tiba-tiba aja gue rindu sama suara berisik anak-anak. Gue galau hingga akhirnya ketiduran lagi. Tapi tiba-tiba ada suara yang bangunin gue.
“TV kosan!!” teriak gue setengah sadar.
Spontan gue keluar kamar dan waaw... gue terkejut mendapati TV kosan menyala dengan gambar bening plus Febri yang udah kongko-kongko di depannya.
“Nonton TV mbak Tyas?” ajaknya.
“Kok semutnya ilang?” tanya gue penasaran.
“Antenanya, tak puter tadi,” jawab Febri polos.
Ya ampun, ternyata antenanya yang bermasalah. Ini adek kos kecil-kecil udah bisa jadi detektif. Febri yang perawakannya imut ternyata juga pinter manjat. Gue jadi bangga punya adek kos kayak dia.

Beberapa hari kemudian...
“Kok channel TV-nya nggak bisa diganti?” ujar Febri.
“Kenapa lagi TV-nya?” tanya gue nggak semangat karena udah pernah di-pehape TV buthuk itu.
“Nggak tahu mbak,” jawab Febri sambil mencet-mencet remote.
“TV ini kalo dituker sama mienya Bu RT dapat berapa mangkuk ya?” gue iseng.
“Ayo mbak!” sahut Febri semangat.
Dua hari kemudian. Tau-tau TV-nya udah bener. Waktu gue tanya, “Kok udah bisa?”
“Baterai remotnya abis, ini kemarin dapat hibah dari mbak Memey. Jadi remote-nya sembuh lagi.” Febri jelasin sambil senyum-senyum girang.
Gue akhirnya paham, TV kosan udah mulai pilih-pilih sekarang, mau nyalanya kalo sama yang bening doang, huh! Semua TV ternyata sama aja, tukang pehape.
 TV kosan emang subhanallah banget deh. Masalah remote selesai sudah. Beberapa hari kemudian, TV-nya buram lagi, kali ini bukan karena antenanya muter, tapi karena antenanya ilang.
“Kok bisa?” itu adalah pertanyaan yang sama dalam benak kami.
“Ilang gimana Feb?” gue masih nggak paham.
“Nggak tahu mbak, di tempatnya nggak ada. Apa dicuri orang ya?”
“Ada gitu maling antena?” tanya gue agak nggak terima. Gimana enggak, masak antena karatan aja dicuri, tapi gueee?? Gue jomblo, available, bisa nyuci piring, nyuci baju, ngepang bulu ketek, tapi nggak ada yang mau nyuri. Tersinggung gue!
Tak lama kemudian Vicky keluar dari kamarnya dan menyambung pembicaraan kami, “Antenanya masih kok, tapi ada di atas genteng.”
“Kok bisa mbak?” tanya Febri heran. *gue juga heran
“Iya, yang mindahin pak tukang.”
Oooohhh, kami lega. Alhamdulillah, antena nggak jadi ilang, gue nggak jadi tersinggung deh. Meski udah tahu, tapi tetep aja anak-anak nggak ada yang berani bilang sama pak tukang buat balikin antena. Dalam hati, kami menjerit, pak tukaaang... tolong balikin antena kesayangan kami, masak anak-anak kos kembali ke jaman batu lagi?!
Tapi suara batin kami tak terdengar. Tak tahan berama-lama dengan kondisi miris ini, gue akhirnya memberanikan diri minta ke pak tukang buat balikin antena ke tempat semula.
“Pak, TV-nya nggak bisa dilihat, tolong antenanya dibenerin ya,” ujar gue melas.
“Oh, iya mbak. Kemarin itu antenanya ngalang-ngalangin jadi ya saya copot. Nanti saya benerin lagi.” Ternyata pak tukang nggak galak, hihii.
Antena kembali dipasang, jadi kami terselamatkan dari kehidupan anak kos yang  primitif, kami nggak jadi nonton batu. Satu minggu berlalu, keadaan balik seperti sedia kala.
Suatu pagi, ketika anak kos lain belum ada yang keluar kamar, gue menonton Penguin Madagaskar. Ini adalah serial favorit gue. Meski gue udah gedhe, ehm.. maksud gue... tua, gue masih suka nonton film ini karena menurut gue pinguinnya intelek dan lucu. Karena udah lama nggak nonton film ini secara diam-diam (kalo terang-terangan malu sama anak kos lain, soalnya itu tontonan ponakan mereka), gue menikmati banget setiap sekuelnya. Pas lagi lucu-lucunya ... pett ... TV-nya mati.
“Ini kenapa lagi TV-nya?” gue garuk-garuk kepala. “Kenaaapaaaaa???!!!”
Gue tekan lagi powernya, nggak mau nyala. Gue tabokin “bakk..bukk..bakk..bukk” nggak nyala juga. Gue pergi ke kamar mandi buat wudhu terus balik lagi buat nyalain TV – siapa tau aja bisa. Tetep aja TV nggak mau nyala.
“Kenapa siiiihh!!!” ujar gue geram dan makin kenceng nabokin TV.
Mungkin suara gue nabok terlalu kenceng, jadi penghuni kos pada bangun. Salah satunya, mbak Wiwied yang langsung nyamperin gue di depan TV.
“Ini TV-nya lagi rusak Yas, bisa nyala tapi cuma bentar, kemarin bisa nyala, tapi cuma sepuluh menit. Mungkin di dalam ada kipas yang rusak atau gimana gitu, aku nggak paham...”
“Yaaaahh...rusak lagi???” penonton kecewa. *balik ke kamar mainan dakon
*** 
Gambar diambil dari http://popista.com/old-television-screen/old-grungy-vintage-tv-with-a/13732




0 komentar:

Posting Komentar

TV Kos