Hutang oh Hutang



Setelah hampir empat tahun kuliah di Solo, rasanya bosan juga kalo dari jaman pertama kuliah sampai udah mau lulus kerjaannya cuma nongkrong di depan tipi kosan sama di burjo sebelah. Yup, predikat “anak kosan baik-baik” udah resmi gue sandang sejak pertama kali gue menginjakkan kaki di kosan sampai sekarang. Gue emang rada-rada males kalo kuliah, gimana enggak, masak anak kuliahan dari jaman perang sampai sekarang nggak pernah digaji sama pemerintah? *Lhoh.
Jadinya, gue tiap berangkat kuliah telat, suka lupa jadwal, suka lupa mandi, kadang kalo kuliah suka juga pake baju omprengan, sampai-sampai pemulung di sekitar kampus pada sengit sama gue gara-gara gue boleh masuk kampus sedang mereka enggak karena ada plakat di depan gerbang “Pemulung dilarang masuk.” Satpam kampus sih udah hapal sama muka gue yang emang begini-begini aja, mau pake baju bagus apa kagak sama aja, makanya meski ngampus pake baju omprengan gue tetep dibiarin masuk – selama baju omprengan gue berkerah.
Temen-temen kampus, temen-temen kosan awalnya heran melihat tabiat gue yang kayak gini, tapi lama-lama mereka biasa juga. Pernah sekali gue berangkat ke kampus dengan semangat, anak-anak kosan langsung heboh.
“Mau kemana Yas? Udah mandi, dandan, pakai baju rapi pula,” ujar mbak kos. “Kayaknya kalo ke kampus nggak mungkin deh.”
“Lhoh, ini mau ke kampus mbak,” gue jawab datar.
“Beneran?” wajah mbak kos langsung berubah berbinar-binar. “Alhamdulillah, adek kos gue udah tobat. Ada kuliah apa, tumben banget berangkat siang-siang gini nggak males?”
“Enggak ada kuliah mbak. Cuma mau beli baksonya bang Jefri di depan kampus.”
Mbak kos langsung speechless.
Hari-hari berikutnya tiap gue berangkat ngampus dengan dandanan kece, temen-temen kos udah nggak nanya-nanya lagi, tapi mereka langsung nyeletuk, “Yas, nitip seporsi yak, nggak pake pangsit.”
Eeergh, gantian gue yang speechless.
Kebiasaan gue yang suka males-malesan ini dampaknya baru bisa gue rasain pas gue udah menginjak semester akhir. Di semester tua ini, temen-temen gue udah pada ngantri pake toga, sedang gue masih asik main zombie versus plants di kosan – dosen pembimbing skripsi gue aja sampai geleng-geleng.
Kalau ditanya sama temen yang nggak sengaja ketemu dijalan, “Skripsinya udah sampai mana?” gue cuma senyum-senyum nyengir, lalu mengalihkan pembicaraan, bahas cuaca, bahas laundrian yang sering ketuker, bahas kucingnya Pak RT yang udah telat dua bulan, pokoknya bahas apa aja biar temen gue lupa sama pertanyaannya barusan.
Tapi sayangnya, sepandai-pandai tupai melompat pasti akan capek juga. Pada suatu hari yang kebetulan suram temen deket gue membukakan pintu hati gue.
“Kamu itu di kampus nyari apa sih? Kok kayaknya berat banget ninggalin kampus?”
Gue masih diem, pura-pura nggak denger.
“Kamu itu cewek. Kalo cowok-cowok kuliah sampai semester empat belas, wajar, nggak apa-apa, soalnya makin lama cowok kuliah berarti ia semakin punya banyak pilihan calon buat dijadiin istri kalo udah lulus kelak. Lhah, kamu cewek, semester tua masih nongkrong di sini, mau dapet cowok semester berapa emangnya? Dosen-dosen juga nggak mungkin naksir cewek yang nggak pinter.”
Mendengar penjelasan panjang dan dalem itu gue langsung semangat buat ngerjain skripsi gue, supaya gue cepet lulus dan nggak ketemu sama temen gue yang berisik itu lagi. Hari-hari selanjutnya, gue melanjutkan hidup dengan kembali ke jalan yang benar. Gue coba ngajak balikan skripsi gue yang udah lama gue putusin. Gue juga mulai rajin ke perpus nyari referensi. Sebenarnya feeling gue kalo nyinggung perpus tuh nggak pernah enak, nggak tahu kenapa, tapi karena rasa malu gue sama orang-orang di kampung udah terlalu besar, ya udah deh gue paksain diri buat kesana.
Pertama gue melangkahkan kaki memasuki perpustakaan, gue udah disambut sama muka-muka galak petugas perpustakaan – wajar sih, udah mulai masuk jam makan siang. Tapi gue nggak nyerah sampe di sini. Gue tetep masuk dan menyusuri setiap rak buku, gue nyari buku-buku yang berbau pragmatik, hasilnya? Semua buku yang gue cari adanya di bagian perpustakaan khusus yang cuma boleh dipinjem pas akhir pekan atau pinjem setengah hari doang, belum lagi kalo terlambat balikin dendanya dihitung per jam – keren banget kan.
Gue jadi berpikir ulang mau pinjem ke situ. Terakhir kali gue minjem di sana, ibu penjaganya galak banget – nggak gigit sih tapi galaknya itu bikin orang jadi kehilangan semangat hidup. Belum lagi waktu itu gue dipaksa ngutang sama petugasnya. Jadi ceritanya gini, gue pernah telat lima menit waktu balikin buku itu dan gue kena denda. Waktu itu gue kena denda dua ribu dan gue pakai uang lima ribuan buat bayar denda. Gue nggak inget persis awal mulanya gimana, tapi gara-gara uang kecil itu petugasnya jadi marah sama gue.
“Mbak, kalo bayar pakai uang pas dong, saya nggak ada  kembalian.”
“Ya udah Buk, uangnya dibawa aja.” Waktu itu gue masih bingung antara mau ikhlasin uang kembalian itu atau mau ambil kembaliannya kapan-kapan, jadinya jawaban gue menggantung gitu.
“Ya udah deh ini, saya kasih empat ribu. Jadi kamu masih punya hutang sama saya seribu ya? Ini saya nggak ada seribuan!” kata ibu itu jutek.
“Gini aja deh Buk, yang seribu saya ikhlasin. Jadi kembaliannya dua ribu aja.”
“Oh, tidak bisa!! Saya tidak mau punya hutang! Mbaknya aja yang ngutang!” *Lhoh, sumpah ini ibuk-ibuk aneh banget.
Gue mau ngelak gimana lagi coba, ibunya kayak ibu macan lagi dapet gitu. Alhasil, gue terpaksa ngutang dan seinget gue udah dua bulan gue nggak bayar hutang itu. Gue jadi inget niat awal gue ke perpus itu, gue mau pinjem buku. Awalnya emang ragu buat pinjem ke bagian peminjaman akhir pekan lagi, tapi setelah dipikir ulang, kenapa gue nggak pinjem kesana aja sekalian bayar hutang.
Gue langsung semangat, nggak enak punya tanggungan, seribu pula, nanggung banget. Pas gue naik ke lantai dua, gue cari tuh sosok ibu-ibu misterius yang dulu, tapi nggak ada. Yang ada cuma bapak-bapak yang lagi diem ngadepin lepi – gue juga bingung itu bapak lagi ngapain, soalnya itu lepi cuma diliatin doang, nggak diapa-apain, nonton film juga enggak.
“Pak, saya mau pinjem buku ini.” Spontan bapaknya kaget dan ngelihatin gue aneh tapi masih diem. “Pak, sayaaaa mauuu pinjem bukuuuu....” ujar gue lagi dengan lamban.
“Oh, iya mbak, itu dicatat aja nomornya.”
Gue ambil kertas, nyatet nomer buku, bapaknya ngambilin, dan resmilah gue pinjem buku itu.
“Dikembalikan sebelum jam tiga ya.” Ujar bapak petugas.
Glekk, gue lupa hari itu kan hari Kamis, jadi gue nggak bisa pinjem lama-lama. Gue lihat jam tangan dan ternyata udah jam dua. Gila aja, sejam doang, gue mau apain itu buku. Di sela-sela pemikiran gue yang campur aduk itu, gue keinget sama hutang gue.
“Emm, Pak, ini dulu kan saya punya hutang sama Ibu yang jaga di sini, saya nggak tahu namanya siapa, ini uangnya saya titipin ke Bapak ya?” ujar gue sambil kasih uang dua ribu ke Bapak itu.
“Oh, iya, nanti saya sampaikan.” Bapaknya ramah banget. “Ini hutangnya berapa ya?”
Gue mikir sejenak, lagi-lagi gue nggak bawa uang seribuan dan gue males kalo harus bawa duit itu balik lagi dan gue masih ninggal hutang. Jadi, gue mengeluarkan inisiatif biar masalah utang-piutang ini selesai.
“Dua ribu Pak,” jawab gue – biar deh gue ikhlasin uang gue yang seribu yang penting gue nggak ninggal hutang. Selesai dengan utang piutang, gue pergi dengan buku yang barusan gue pinjem. Gue utak-atik itu buku dan senengnya hati gue setelah lihat ternyata materi yang gue cari ada. Gue langsung ambil kertas dan pena gue, gue tulis teori-teori yang ada di buku itu. Gue ngelihatin tulisan gue, kok ada yang mengganjal gitu, makin lama tulisan gue kok makin jelek, ternyata gue kecapekan, emang kalo udah semester tua itu nulis bentar aja udah bisa bikin otot-otot jari jadi begah – aslinya aja males. Gue miris lihat tulisan gue sendiri, sungguh tidak mencerminkan wajah yang punya tulisan. Jadi gue punya inisiatif buat fotokopi.
Gue merasa bodoh banget dah, kenapa nggak dari tadi coba? Udah tahu waktu pinjem bukunya cuma sejam. Jadilah gue lari-larian di perpus buat ngopi itu. Sesampainya di tempat fotokopi antrinya alamaaaak, padahal yang ngopi cuma dua, tapi nunggunya lama banget. Waktu peminjaman gue semakin mendekati menit-menit terakhir. Masak gue harus kena denda lagi, batin gue kawatir. Tapi pada akhirnya giliran gue tiba juga, untungya cuma butuh waktu satu menit buat ngopi itu.
“Bayarnya di atas ya mbak? Di tempat mbak pinjem buku ini tadi.” Ujar mas-mas fotokopi.
“Siap mas fotokopi!!” jawab gue sigap. Gue langsung lari menuju ke lantai dua buat balikin buku sekalian bayar fotokopi.
“Hosh..hosh...Inih, bukunya Pak! Saya telat berapa menit Pak?” ujar gue tersengal-sengal.
Bapak petugasnya cuma tersenyum simpul. Gue masih panik, gue lihat jam gue, seharusnya telat tiga menit, lalu gue lihat jam di ruang itu, jam tiga tepat. Alhamdulillah, jamnya telat, gue terselamatkan.
“Pak, ini tadi saya fotokopi, katanya suruh bayar sini. Jadi totalnya berapa ini Pak?” tanya gue lagi.
“Tiga ratus rupiah.”
 “Ini Pak.” spontan gue keluarin selembar duit dua ribuan lagi – adanya cuma itu doang.
“Wuah, nggak ada kembalian mbak. Udah uang dibawa dulu aja, bayarnya besok nggak apa-apa.”
Yak dezz, rasanya pengen mati aja gue. Kenapa tadi gue pake bohong segala kalo hutang gue dua ribu, coba kalo gue bilang seribu, jadinya kan yang seribu bisa buat bayar yang ini, bodohnya dakuuuu. At the end, gue harus pulang dengan menanggung hutang juga, hiks.
Sejak saat itu, gue lebih suka ke warnet ketimbang ke perpus. Mending cari jurnal online ketimbang jurnal ilmiah cetak. Dari fenomena itu, gue jadi merasa nggak berbakat jadi mahasiswa semester akhir.




0 komentar:

Posting Komentar

Previous Posting Lebih Baru
Hutang oh Hutang