Bicara Soal Semut



Akhir-akhir ini, entah ada angin apa, gue jadi nyadarin hal-hal kecil di sekitar gue. Selain menyadari keberadaan temen-temen kos gue yang semakin aneh. Gue juga  lebih sadar akan keberadaan makhluk kecil, seperti semut yang hidup di belantara kosan. Awalnya gue risih dengan keberadaan mereka yang kecil-kecil tapi jumlahnya banyak. Tapi gue selalu berusaha buat nggak membunuh mereka, soalnya mereka cuma makhluk kecil. Kalopun mereka gigit, paling mentok gigitan mereka bikin gue gatel, lhah kalo gue gigit balik, bisa mati itu semut. Jadi, semut itu gue biarin. Saking baiknya gue (amin), sesekali gue kasih mereka makanan sisa mie kornet gue yang nggak abis. Tapi nggak tahu kenapa, mereka nggak pernah mau.
Setelah beberapa lama gue hidup harmoni dengan semut, lama-lama semut-semut itu hilang entah kemana. Gue menyadari hal ini ketika gue lupa minum susu yang udah gue bikin dari pagi, anehnya susu itu nggak dikerubutin semut sama sekali. Gue pun cerita ke temen-temen kosan tentang fenomena ajaib ini. Mereka pun heran.
Mbak Wiwied langsung angkat suara, “Masak sih Yas, di kamarku aja air putih dipake buat berenang semut loh!”
“Iya, Yas, kemarin aku bikin teh pahit juga, dikerubutin sama semut,”sahut Dalia.
 “Masak sih? Terus tehnya kamu minum?” tanya gue. Gue jadi lupa sama masalah semut yang nggak nafsu makan di kamar gue dan mulai penasaran sama cerita Dalia.
“Iya lah, baru bikin, masih anget,”jawab Dalia serius.
“Wuah, bahaya tuh. Iya, kalo pas semutnya nyebur langsung mati. Lhah, kalo sebelum mati semutnya pipis dulu gimana? Jadi nggak higienis kan tehnya?” gue mulai khawatir.
“Iya, ya, tapi kan tehnya anget Yas. Jadi kumannya pasti mati,” Dalia ngeles.
“Iya kalo yang anget tehnya, kalo yang bikin anget ternyata pipis semut gimana?”
Dalia diem, abis itu gue dikeplak rame-rame sama anak-anak sekosan. Tapi gue masih penasaran sama hilangnya semut yang biasa ngeksis di kamar gue. Kok bisa-bisanya hilang nggak ada kabar. Gue bener-bener merasa ditinggalkan.
Gue iri, kenapa air putih dan teh anget temen dikerubutin semut sedangkan susu yang gue bikin enggak dicicipin sedikit pun.
Setelah gue mikir cukup lama, akhirnya gue menyimpulkan satu jawaban yang semoga aja masuk akal. “Mereka pasti takut kena diabetes,” ujar gue yakin. Udah kecil, diabetes, kasihan sekali mereka.
“Apaan sih Tyas ngomong sindiri,” ujar Memey risih.
“Enggak. Aku mikirin semut.”
Do’i pasang muka skeptis. “Kenapa sih kamu ngebet banget sama semut?”
“Eh, kalau dipikir-pikir kasihan para semut yang mati di gelas kalian tuh. Sama aja mereka mati di tangan kalian loh,” ujar gue membela para semut.
“Lebay ah. Nggak ada yang nyuruh mati juga kok. Salah mereka juga ada di sini.”
“Eh, jangan gitu, mereka itu meskipun hanya semut tapi tetep aja temen kos kita tau. Rumah mereka di sini.”
“Gini nih kalau orang gagal gaul,” ujar Memey lagi.
“Ah, sialan.”
Memey makin gerah, “Udah ah, capek tau ribut melulu. Gelas kamu dikerubutin semut tuh.”
“Eh?”

(Gambar di ambil dari: https://www.google.co.id/imgres?imgurl=https%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F-i0tPoB7MWn4%2FVP6OmBGnb1I%2FAAAAAAAADmM%2F76_Z6ykGi80%2Fw800-h800%2FBelajar%252Bdari%252Bteh%252Bmanis.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fplus.google.com%2F108139429818045263410&docid=Pz2HgCjOlE4FPM&tbnid=f-9I4bgQKp6kgM%3A&w=663&h=382&ved=0ahUKEwiJhaKS64LMAhWXj44KHQ22AW0QMwgcKAMwAw&iact=mrc&uact=8)



0 komentar:

Posting Komentar

Bicara Soal Semut