Totally Stupid

Untuk meningkatkan solidaritas anak kosan, kadang gue berkunjung ke kosan temen. Seringnya sih ke Jogja, tepatnya ke kos temen gue, Dewi. Gadis seksi namun single ini statusnya adalah temen gue sejak SMP.
Dulunya dia ambil kuliah D3 Kehutanan di sebuah kampus paling keren di Jogja (menurut gue). Sekarang, statusnya udah naik level jadi staf di bagian akademik di fakultas itu juga.
Untuk ukuran orang cantik, bisa dibilang Dewi itu orang cantik golongan minoritas. Pasalnya, dia punya rutinitas nemenin mahasiswanya maenan sama belalang di hutan belantara tiap akhir pekan. Jaman sekarang mana ada orang cantik mainan di hutan?
Maklum juga sih, orang sibuk, pekerjaan kantoran sama lapangan semua digandeng sama dia. Jadi biarpun gue sekamar sama dia, kami jarang ketemu, jarang ngapa-ngapain bareng. Itu juga yang bikin gue bingung harus memposisikan diri gue sebagai temen deketnya atau temen tidurnya doang.
“Besok gue nggak ke lapangan,” ujar Dewi sebelum tidur.
“Yess!! Jalan-jalan!!” gue menyambut dengan semangat.
“Tapi besok ngantor, kerjaan numpuk.”
“Ya udah buk, ayo tidur aja.” Gue dipehape. Gue udah kayak istri yang lagi ngambek gara-gara nggak jadi diajak shopping.
“Kamu ikut aja.”
“Ngapain aku di sonoooo???”
“Hotspotan.”
Gue buka lubang idung lebar-lebar sambil monyongin bibir. Hotspotan? Tambah lemes gue bayanginnya. Gimana enggak, lokasi kosan itu jaraknya cukup jauh dari gerbang depan kampus, sedangkan kantornya ada di kampus bagian belakang. Kenapa gue harus mau menempuh jarak sejauh itu hanya demi sesuap sinyal hotspot, sementara gue sendiri bisa modeman pakai hape.
“Enggak ah, aku di kosan aja, hibernasi,” jawab gue mengakhiri pembicaraan.
Esok harinya, Dewi berangkat pagi banget ke kantor. Sementara gue masih terbaring malas dengan mata yang masih lengket plus iler yang mengalir menganak sungai. Nggak tahu kenapa tidur gue nyenyak banget dan gue masih belum pengen bangun.
“Dandananku kayak ibu-ibu nggak sih?” tanya Dewi tiba-tiba sambil nunjukin dandanannya.
“Enggak kok Bu....” *mata masih kiyip kiyip
Dewi cemberut. “Ya, udah. Aku berangkat dulu. Nitip kamar ya.”
“Iya, taruh situ aja.” *ganti posisi sambil meluk guling
“Eeergh!” Dewi manyun-manyun.
Gue masih nggak “ngeh”. Gue nggak tahu Dewi ngomong apa lagi. Waktu gue bangun, tau-tau Dewi nggak ada. Jam segitu, harusnya emang udah di kantor. Gue sendiri bangun pukul delapan pagi, kala warung-warung makan mulai buka – gue emang selalu bangun telat, tepat pada waktunya. Tapi yang namanya anak kosan, meski bangun tidur merasa lapar, tetap tidak akan mencari makan, melainkan melakukan hal nggak jelas di kosan, misal ngitungin kutu rambut, merapikan jemuran, bersihin bulu hidung, corat-coret tembok kamar, dan ngelakuin hal nggak penting lainnya. Ini wajar terjadi, menurut survei yang udah gue lakuin pada satu juta orang yaitu gue sendiri, gue menemukan fakta bahwa pada dasarnya anak kosan itu pemalas, kalau nggak percaya coba deh tanya sama gue.
Dewi : Charger lepi gw ktglan, tlg anter bs?


Well, ketika gue lagi asik malas-malasan, tiba-tiba hape gue bunyi. Satu pesan diterima, dari Dewi.

Gue  : Iy gw anter, tp gw blm mndi, nnggu bntr gapapa?


Halah, ini anak, bisa-bisanya. Udah tahu hidupnya ada disitu, bisa-bisanya kelupaan. Gue tau banget lepinya nggak bisa hidup lama tanpa asupan listrik yang cukup dan semua pekerjaannya juga ada di lepi itu. Bisa dibilang kalau lepi kantor bulug itu adalah pendonor yang paling besar dalam sejarah keuangan Dewi pasca kuliah. Gue mulai gelagapan, nyawa gue belum ngumpul, gue belum mandi, sementara Dewi nungguin gue di tempat kerjanya.

Gue  : ga masalah, thx.



Gue langsung bur-buru ke kamar mandi. Gue mandi bebek, dua gebyuran selesai, nggak usah pakai handuk, nggak usah gosok gigi. Selesai mandi gue lihat hape lagi, ternyata ada beberapa beberapa pesan diikuti panggilan tak terjawab.

Dewi : Lo udah smpai mn? Gw tnggu ya..

Gue   : Sorry ngerepotin, kerjaan gw di lepi smua, lo sampai mn?

Gue   : Tnggu yess, otw..

 
Gue bohong. Ampun dah, gue baru aja selesai mandi. Jadilah gue belingsatan, nyari charger trus langsung cabut. Tapi pas mau berangkat, ada yang aneh. Kunci kamar nggak ada, yang nangkring di pintu gemboknya doang. Gue nyoba nyari kuncinya dimana-mana tapi nggak ketemu. Dibawa Dewi kali ya? Secara kunci itu selalu diajak kemana-kemana.
Sementara itu Dewi udah mencoba nelfon gue berkali-kali. Gue mau angkat nggak enak, lah gue baru mau berangkat. Alhasil, nggak pikir panjang, gue langsung gembok pintu trus lari maraton ke kampusnya Dewi. Belum sarapan udah joging, perut makin tipis deh.
Setelah beberpa puluh menit lari-larian, gue sampe di taman deket kantornya Dewi. Gue langsung ngabarin.

Gue   : Gw udh smpe, ktmu di tman ya, gw ga mngkin msuk kantor pake sendal.


Nggak ada balasan. Gue telfon berkali-kali juga nggak diangkat. Duh, kenape lagi ni anak, jangan-jangan udah diusir sama bosnya gara-gara nggak kerja. Gue jadi makin panik, muka gue makin nggak karuan.
Gue masih nunggu di taman sendirian, perut gue meliuk-liuk keroncongan, aura kecantikan gue makin ilang deh *hooek. Tau gitu tadi gue bawa kaleng kosong, biar dikirain pemulung nunggu sedekah bumi, heheheh.
Krucukrucukrucuk...
Krucukrucukrucuk...
Krucukrucukrucuk...
 Haduh, ini perut diem bentar kenape? Mules deh gue nahan laper. Gue coba telfon Dewi lagi, kagak diangkat juga. Gue nunggu sampe kentut berkali-kali Dewinya juga nggak nongol-nongol. Ah, ya sudahlah, gue nyari sesuap nasi dulu aja. 


Gue   : Gw nyari mkan dl, ntar gw tggu d warnet aj, ntar kl urusan lo udh kelar, sms..


Setelah beberapa kali pergantian musim... 

Gue   : Lo udah slsai blm, ayo ktmu..


Bagai pungguk merindukan terang bulan, akhirnya Dewi nongol juga, yeiyy!! Gue nggak jadi aksi debush deh gara-gara gemes nungguin diyeee dari jaman Majapahit.
“Ini chargernya.” *pasang muka nggak ikhlas
“Enggg...bawa pulang aja deh.”
“Hah? Bawa pulang gimana? Ntar kamu nggak bisa kerja dong?”
“Emmm..ini...ternyata charger cadangan di kantor bisa dipakai. Biasanya rusak sih, tapi ternyata tadi bisa dipake, jadi ini bawa pulang aja. Kerjaanku juga tinggal dikit ini.”
Gue: ....... *udah pernah dilempar melon sekarung belum?
“Sorry..” ujar Dewi cengar cengir. “Abis tadi kamu dihubungin nggak bisa terus. Aku tadinya mau ngabarin sebelum kamu berangkat.”
Gue: .....*ngeden sekuat-kuatnya biar bisa ngeluarin kentut yang nyaring
Dhuuuuuuuttttttthhh!!! *itulah ungkapan emosi gue
“Udah deh, ambil aja hikmahnya, kalau nggak gitu kamu nggak akan keluar kosan kan, anggap aja refreshing atau olahraga gitu biar sehat,” ujar Dewi sambil nutup hidung.
Gue menghela nafas. “Ya udah, gue balik lagi,” ujar gue lemes. “Mana kuncinya?”
“Hah? Kunci apaan?”
“Kunci kamar kamu masak kunci anggora?” *itu kutching kaleeee
“Kan kamu yang terakhir keluar?”
“Loh, kuncinya nggak ada tuh? Aku kira kamu yang bawa.”
“Enggak!! Semalem kutaruh dibalik kaca jendela, udah cek ke sana?”
Gue, benturin kepala ke tiang listrik.
Ohh my Dad, kebodohan apalagi ini? Gebleknya gue, tadi nggak ngecek ke situ.
“Ya udah minta nomor tukang kunci.”
“Nggak punya. Nanti nyari ibu kos aja, lalu minta nomornya tukang kunci.”
“Kenapa nggak minta langsung aja kunci cadangannyanya ke ibu kos?”
“Lah kamu kenapa nanti nggak langsung minta kunci cadangannya ke ibu kos?”
Oke, cukup, cukup, percakapan ini akan membuat gue kelihatan semakin songong pada akhirnya. Jadi, demi sisa-sisa harga diri gue, gue balik ke kos.
Sesampainya di kosan, ibu kos nggak ada. Temen kos, juga nggak ada. *Duile, segini banget nasib gue, hiks
Gue berpikir gimana caranya masuk kamar Dewi yang terkunci. Gue coba dorong-dorong nggak bisa. Gue dobrak, kaki gue cantengan. Gue buka pakai mantra juga nggak bisa *maklum gue nggak lulus waktu ujian nasional di Hogwarts.
Lama banget gue berdiri di depan pintu, komat-kamit baca doa sambil mikirin gimana caranya masuk. Setelah Eropa mengalami beberapa kali musim salju, gue akhirnya berpikir untuk memberdayakan isi tas gue. Gue merogoh isinya, hanya ada dompet, cermin, dan gunting kuku. Eh, gunting kuku?
Hmmm..ya...ya..yaa... *mata penjahat
Gue memasukkan pengikir kuku ke lubang kunci, lalu gue menggerakkannya ke kanan dan ke kiri *backsound soundtracknya film Mission Impossible.
And theeeeen....kliik.
Waww, it was amaze me. Gue spontan sms ke Dewi.
 
Gue   : Gw bs bka pntu kmar lo, kncinya msih aman di dlm, haha.

Dewi : Heh? Serius? Buka pake apaan lo? -__-“
Gue   : Kok lo kliatan kwatir gt sih, bkannya sneng? Td gw bka pke gnting ku2. You must be proud of me :D
 

Satu bulan kemudian Dewi cerita ke gue kalau pintu kosnya ternyata rusak. Bukan karena gue, tapi emang udah rusak dari sononya. Jadi usaha gue buka pintu pakai gunting kuku itu sebenarnya nggak perlu sama sekali, soalnya pintunya bisa dibuka dengan memutar gagang pintu seperti biasanya. *padahal gue udah pamer, percuma dong, hiks
Jadi, selama ini Dewi mengunci pintunya tiap keluar kosan itu juga percuma. Dewi kecewa banget sama fasilitas kosannya yang ternyata “unsecure” dan berpotensi bikin maling mengakuisisi semua harta bendanya. Tapi si satu sisi, Dewi seneng banget karena kejadian itu membuat dia sadar kalau dia punya temen yang biasa aja dan nggak perlu dicemaskan. Temen yang dia maksud adalah gue.
Plak!! *gue getok dia pake spatula




2 komentar:

  1. BuhahhahahahahahahahahhahahahahhHahahahahahhahahahahhahahahahahahahahhahahah. . .hahahahahahhahahahahahahahah. . .wkwkwkwkkwkwkwkwkwkkw. jahat banget ya dewi hahhahahahhahahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. njiiiiiir,, haghaghag,, tapi kamu tetep best friend kok, haha..

      Hapus

Totally Stupid