AKB - Anak Kos Baru



Mbak Ceria sering banget nenteng adek kecil ke kosan, gue kira nemu dimana gitu, ternyata dia anak kos baru, adek tingkat mbak Ceria yang kuliah di FISIP.
Namanya Febri, orangnya friendly, tiap di kosan dia rajin banget lempar senyum ke orang-orang. Dia juga humble banget, nggak neko-neko, nggak sombong juga – kalau sombong pasti didoain sama anak-anak biar cepet keluar, karena kosan kita nggak menerima orang yang tertolak di akhirat.
Sejujurnya, gue berat banget untuk mengatakan yang satu ini, tapi tu anak perawakannya enak dipandang. Wajahnya imut, kadang kalau ada temen cowok temen kos lagi maen terus nggak sengaja lihat penampakan Febri, pasti pada nanyain,”Siapa tuh?”
Kalau udah nanya gitu, mereka pasti kecewa, soalnya Febri sudah punya pacar di kampung, katanya mereka pacaran sejak SMA. Jadi, di kosan yang udah punya cowok makin disanjung, dan yang jomblo makin terlupakan *nyesek. Yang dulu di kampungnya nggak sempet cari pacar jadi nyesel.
Febri, orangnya periang banget, jadi anak-anak nggak enak liyatnya kalo dia cemberut. Seperti kalau lagi dapet (datang bulan). Duh, orang kalau lihat dia pas lagi sakit pasti langsung pada taubat, pada inget sama Tuhan.
Febri kalau dapet serem banget. Wajahnya jadi putih pucat, padahal kulit aslinya eksotis (baca: item). Ia akan merintih kesakitan, kadang sampai nangis. Kalau udah kayak gitu, anak-anak sekos bakal panik, ambil obat ini itu, pada nawarin diri buat anter ke dokter (padahal kalau periksa di kampus gratis).
Suatu kali ketika Febri sakit gara-gara dapet, anak-anak kos mendadak jadi emak-emak semua. Semua pada kasih saran.
“Coba deh Feb, periksa ke Dokter, takutnya nanti kalau ada kistanya,” ujar Dalia.
“Iya Feb, coba periksa. Temenku sih kalau pas dapet sering kesakitan juga, tapi nggak separah kamu lho. Takutnya ntar kenapa-napa?” mbak Lina nambahin.
Febri jadi panik kayak kuda lumping yang nggak dibolehin makan beling.
“Kamu udah sering kayak gini apa baru-baru ini aja?” tanya mbak Wiwied.
“Dulu waktu SMA sih enggak mbak.”
“Coba deh periksain dulu,” mbak Wiwied menyarankan juga.
Febri jadi galau, habis dinasehati sama anak-anak kos. Tiap hari anak-anak kos makin keukeuh menyarankan Febri buat periksa, soalnya anak-anak nggak mau lihat wajah yang lugu itu sakit lagi, nggak enak dilihatin, sumpah. Beberapa pekan kemudian, Febri menunjukkan wajah galaunya lagi.
“Aku positif mbak,” ujarnya melas.
“Hamil???” *gue keseleg kulit kacang
“Bukan. Sakit perut yang kurasain itu ternyata beneran kista.” Adek kos kelihatan melas banget. Tapi sekejap wajahnya secara ajaib kembali berbinar-binar, “ Tapi obatnya enak mbak, kata Pak Dokter, aku disuruh nikah.”
“Lhah, kok enak bener obatnya? Terus kamu mau nikah sama apa ntar?”
Adek kos langsung cemberut. “Sama pacarku dong mbak, jangan samain sama mbak Tias yang jomblo stadium nggak ketolong dong.” Dia cengar-cengir.
“Eeerghh!!” gue jadi meringis kingkong. “Gue ini biarpun jomblo tapi suka makan tempe ya, jadi jomblonya jomblo sehat!” gue membela diri.
“Iya-iya, percaya deh. Mbak Tias kan pecinta tempe, sampe-sampe sama cowok nggak doyan. Jadi bukan cowoknya yang nggak mau sama mbak Tias, tapi sebaliknya... tempenya yang nggak mau sama mbak Tias, hahaha.”
“Hmm...Mulai berani jujur ya kamu...,” gue menyingsingkan lengan baju gue. “Karena aku lebih tua dua semester, aku kutuk kamu jadi pulsa internet!”
Dan cliing... tidak terjadi apa-apa!!
“Udah deh, kamu nikah aja, biar nggak bikin aku liver!”
“Hahaha, maaf mbak, bercanda doang tadi. Yaaah, dianggap serius deh.”
“Tapi aku serius, mending kamu nikah aja,  jadi ntar aku bisa balas dendamnya pas di nikahan kamu. Nanti tak lahap habis semua makanan jatah tamu, termasuk jatah pengantin juga.”
“Ide bagus mbak, jadi mbak Tias bisa gemuk. Keren! Keren! Aku dukung!!”
Lah kok dia malah seneng? Gue makin skeptis. Pengen rasanya tak datangin saat itu juga calon mempelai prianya, biar Febri bisa dibawa ke negeri sebelah dengan cepat.
“Tapi, gimana ya mbak? Ibu tiriku itu...” Febri membiarkan kalimatnya menggantung.
Gue masih kesel, tapi nggak enak juga bikin dia inget ibu tirinya. Sebelumnya Febri pernah cerita kalau ibu tirinya nggak sama kayak ibu kandungnya – iyalah, kan beda orang. Gue nggak gitu ngerti, tapi yang pasti orang tuanya pisah udah sejak lama. Saat itu, entah mengapa mulut gue jadi gatel buat nanyain.
“Kenapa sih kamu nggak ikut ibu kandungmu aja?”
“Lhooooh..mbak Tiaaaaasss...,” mukanya Febri jadi cemberut akut. “Kan aku pernah cerita kalo ibuku udah meninggal...” *JLEEEEBBB!!
Gue: ..............*melipir nyari sinar matahari biar bisa berubah jadi debu
Salah nanya gue. Gini nih efeknya, kalo punya otak processornya pentium satu, kagak bisa mikir. Spontan gue minta maaf. Mungkin kesal dengan pertanyaan gue barusan, dia pun tak melanjutkan berbicara soal ibu tirinya.
Hari demi hari berlalu begitu saja. Febri sembuh. Kosan kembali diramaikan oleh suara cempreng dengan logat kental Wonogiri milik Febri. Cewek manis ini jadi lebih sering nyanyiin lagunya KD di kamar mandi. Saking seriusnya waktu nyanyi, suaranya sampai kedengeran di rumahnya Bu RT. Temennya Vicky pas lagi main ke kos aja sampai heran dan menanyakan, “Itu siapa yang nyanyi? Kok suaranya ‘kasihan’?” *Tapi kalimat yang terkahir ditahan, nggak tega ngomongin.
“Adik kos,” ujar Vicky sambil senyum. “Tapi orangnya manis lho.” Seakan Vicky sudah tahu maksud pertanyaan temennya.
Temen kosnya Vicky cuma jawab, “Ohh..”
Suara yang agak susah untuk dinikmati itu akhirnya mendapatkan maaf. Untung manis, kalau enggak kasihan banget tu anak, udah cempreng, medhog, kalau mau ditambah “nggak manis” haduh jadi nggak tega nyebutnya apa. Itulah bukti kalau Tuhan Maha Adil, yang cakep dikasih suara dibawah standar, jadi biar punya kekurangan. Tapi biarpun begitu, tetep aja di kosan Febri tergolong umat yang beruntung. Soalnya, dia suka bikin iri gara-gara kecil-kecil sudah punya cowok, punya banyak fans pula. Lhah, kita-kita yang udah bangkotan? Udah jomblo punya banyak utang pula *gimana perasaan kalian mblo?.




0 komentar:

Posting Komentar

AKB - Anak Kos Baru