BANYUNIBO




Perasaan gue lagi galau. Bukan karena nggak kebagian nasi kucing di angkringan, tapi karena gue baru aja patah hati. Cowok yang selama ini deket sama gue, hilang, mungkin ditelan dinosaurus lalu punah bersamanya. Entahlah. Jadi gue memutuskan untuk pergi jauh sejenak.
Dengan berbekal modem pinjeman, gue googling. Kali ini, gue menggunakan kekuatan internet itu untuk browsing tempat-tempat yang asik buat gowes. Posisi sepeda onthel gue ada di Klaten, di rumah Dalia, jadi gue nyari lokasi sekitar situ yang sekiranya bisa dijangkau.
Dan ... voilaa ... ketemulah air terjun Banyunibo. Menurut artikel yang gue baca di internet lokasinya nggak jauh dari candi Prambanan. Gue langsung searching lebih banyak mengenai air terjun yang masih virgin itu. Hasilnya, berbagai foto yang keren abis muncul semua. Spotnya memang bagus banget buat foto-foto, curah airnya yang besar dan bebatuan yang mengelilinginya membuat tempat ini jadi kelihatan berkali-kali lebih indah. Karena gue adalah orang yang percaya pada kekuatan internet, jadilah gue ngajak temen buat menikmati tempat itu.
Kali ini korbannya adalah seorang anak kos beriman, Dalia, kebetulan dia lagi pulkam. Dari dulu pertama kenal dia, gue heran setengah mati, kok ada gitu, orang cantik dan ganteng sekaligus seolah dia itu perpaduan antara laki-laki dan perempuan yang sempurna. *Nggak kebayang deh gimana rasanya punya muka bimbang kayak gitu
Enaknya kalau punya temen yang bermuka bimbang, hatinya juga rentan bimbang, jadi lebih mudah buat dihasut. Tapi gue nggak sejahat itu, waktu gue lihat Dalia sedang stress dan butuh sedikit udara segar, jadi...ya udah gue ajakin deh. *Sama adjaa keleeeeus!
Alhasil, kami gowes gowes cantik berdua. Kami berangkat dari Klaten pukul dua siang, menuju Prambanan lalu ke Gunung Kidul. Sambil nyanyi bolang si bolaaaang, si bocah suka ilaaang...*lanjutin sendiri ye? Kami genjot sepeda dengan semangat pramuka sampai nggak mikirin bedak di muka udah luntur kemana-mana. Jarak yang kami tempuh udah lebih dari dua puluh kilo, hingga kami bertemu dengan tanjakan ini.
Dalia mengencangkan ikat putih di kepala, siap menaklukkan tanjakan keji di depan. Gue nggak mau kalah, gue mengencangkan kolor biar nggak melorot dan bisa konsen melewati tanjakan.
Tanjakan yang ini menuju daerah Patuk. Jalanannya adem banget, teduh karena banyak pepohonan berada di tepi-tepinya. Sisi kanan terbentang hutan, sisi kiri terbentang jurang yang curamnya amit-amit, dan dikedua sisi jalan nggak ada pembatasnya. Udah kayak surga dan neraka yang jaraknya tipis banget. Meleng dikit, kepala bisa kesleo. Belum lagi tikungannya tajam bangeeeedh booo’.
“Yas, masih jauh ya? Jalannya nanjak banget,” Dalia ngos-ngosan. Mukanya udah kayak labu kukus, keringetan. Gue pun sama, keringet di ketek udah ngalir kemana-mana.
“Kalo capek, bilang ya, kita istirahat dulu.”
Kalo dipikir-pikir ya lumayang juga nih buat diet. Tapi kan gue udah cengkring, yang ada ntar gue die. Jarak tanjakan yang udah dilewati sekitar dua kilo, tapi lemak yang terbakar udah lima kilo. Tanjakannya ampun dah, bikin kaki gue migrain.
Hoosh ... hooosh ... hooosshh ... Dalia tetep gowes, gue ngikutin di belakangnya. Tapi ada yang aneh sama perasaan gue. Kok orang-orang pada ngeliatin, ada yang ngacungin jempol lagi, ada apa dengan mereka?
“Semangat mbaaaak!!” Alamaaak, yang bilang ganteng, gue jadi ge’er, segitu cantiknya kah dirikyuuuu...?*yang baca boleh sambil minum panadol
Break Yas....” Dalia mulai teler.
Aduh, gue jadi nggak tega, nafasnya udah kayak antara hidup dan mati gitu. Dan semua ini gara-gara gue. *nelen iler
“Iya, di depan yak. Itu ada rumah penduduk. ”
Gue dan Dalia selonjoran sebentar. Gue lihat kaki Dalia seksinya udah nyaingi kaki satpam. Gue jadi khawatir, ntar kalo dipake nendang gue sekali, bisa gegar otak gue. Tapi baiknya tu anak nggak banyak ngeluh. Kalo gue ngajak orang lain, mungkin gue udah diiket trus dikasih ke ular kobra buat menu buka puasa.
Gue jalan-jalan sebentar, mencari orang yang bisa ditanyain. Dan ketemulah gue dengan seorang bapak yang lagi benerin truk.
“Permisi Pak, mau tanya.”
“Iya mbak.”
“Pak, kalo mau ke pertigaan Patuk apa masih jauh kalo dari sini?”
“Masih jauh mbak.”
“Kalau jalan tanjakan ini, masih jauh nggak Pak?”
“Masih mbak, sekitar 12 kilo nanjak terus.”
GLEKK. *nelen ludah
Perasaan gue ngilu, syok, kayak unta yang lagi mergokin istrinya selingkuh. Gue sama sekali nggak nyangka kalo bakal nemu jalan tanjakan jahanam kayak gini. Pantesan dari tadi orang-orang senyum-senyum takjub kalo liat gue sama Dalia. *Sial
Sebelum acara jalan-jalan ini jadi acara bunuh diri massal. Gue langsung balik kanan, mencari bus yang melintasi jalan yang searah dengan kami. Sepertinya Tuhan masih sayang sama gue, satu bus berhenti. Gue sama Dalia akhirnya naik bus itu lengkap dengan sepeda kami. Ini adalah gowes paling random yang pernah gue alamin.
Setelah turun dari bus, kami melanjutkan perjalanan dengan sepeda lagi menuju daerah Bobung. Daerah ini adalah pertanda kalo tujuan kami udah dekat, tinggal melewati satu kampung lagi. Gue sama Dalia tetep semangat.
Lamanya gowes kali ini udah ngalah-ngalahin lamanya ikan salmon yang mengarungi perairan buat balik ke tempat kelahirannya. Muka gue jadi kusut bin dekil, kalo orang liat pasti langsung sumpek trus kebelet bawa gue ke cuci motor salju buat disemprot. Beda banget sama Dalia yang udah cantik dari pabriknya, udah gowes sepanjang jalan ke surga gini ya tetep cantik aja. 
Break Yas... hooosh... hoooossshh....” Dalia mulai kecapekan.
Nggak tega lihat Dalia dehidrasi kayak lumut merindukan hujan, gue nekad pergi ke sebuah bengkel terdekat di pinggir jalan. Bengkelnya ternyata ditungguin seorang anak punk. Gue udah nggak peduli lagi itu anak siapa. Yang gue tau hasrat “nggak tegaan gue ngeliat Dalia” udah mendorong gue untuk minta tolong ke anak punk itu.
Gue nggak yakin dengan apa yang gue bicarakan, tapi pada intinya gue ingin minta tolong sama anak punk itu buat mengantarkan kami ke lokasi air terjun. Ternyata maksud gue dapat diterima dengan baik tanpa harus ada hitam di atas putih. Secara ajaib jadilah anak punk itu tukang ojek dadakan.
Anak punk’nya ternyata punya motor, gue jadi bingung itu anak punk atau anak motor. Ah, bodo amat. Yang penting ada yang nganter. Anak punk yang punya motor itu mengajak salah seorang temannya. Kini kami punya guide, jadi nggak mungkin nyasar. Jadi, kalau nanti air terjunnya ternyata angker, kami bisa nego sama hantunya buat nggak ganggu gue sama Dalia tapi ganggu guide kita aja. Atau mungkin karena keberadaan guide itu, kami jadi aman, soalnya mereka punya tampang yang lumayan sangar.
Kami naik motor, gue dan Dalia jadi bisa melepas lelah sembari diboncengin. Baru sebentar kami melemaskan kaki sembari menikmati hembusan angin segar, abang yang boncengin kami bilang,
“Sudah sampai mbak.”
“He?”
Apa-apaan ini? Perasaan nyaman gue menguap seketika. Kayaknya gue naik motor belum ada lima menit deh. Kok cepet banget sampainya, padahal tadi ngebut juga enggak.
Gue nggak pengen membuat asumsi kalau gue udah melakukan kebodohan lagi, jadi gue bertanya, “Udah sampai bang?” Gue berharap sekali kalau abang yang boncengin gue cuma bercanda.
“Iya, sudah sampai mbak,” abang itu mengulangi kata-katanya.
Gue bengong lagi, astaga ternyata jaraknya deket banget, paling cuma setengah kilo. Tak apalah, udah terlanjur, anak punk udah terlanjur jadi tukang ojek. Tapi kami seneng, karena kami juga dianter ke lokasi air terjun. Ternyata untuk sampai ke lokasi air terjun kami harus menyusuri jalan setapak yang tepinya jurang *lagi?
“Ini mbak, sudah sampai.”
Gue dan Dalia terdiam. Pikiran kami sama. Kami menatap dalam ke tempat itu. Ada yang aneh. Dilihat dari manapun, pemandangan yang gue lihat sama sekali beda dengan yang ada di internet.
“AIRNYA MANAAAA??!!! AIRNYA MANAAAA???” ujar gue kaget, heran, dan nggak bisa menerima kenyataan. Biasa-bisanya air terjun kering kerontang kayak gitu. Rumput di sekitarnya aja pada mati. Tempat itu lebih tampak seperti peninggalan reruntuhan kerajaan Mataram daripada air terjun.
“Ini kan musim kemarau, jadi ya airnya kering mbak. Kalau musim hujan ya bagus mbak, coba deh musim hujan nanti mbak ke sini lagi.”
“Haaaaaahhhh???? Ada gitu air terjun yang musiman?”
“Ada. Ini..” ujar abang itu polos sambil nunjuk ke air terjun.
PRAKK!! *Itu suara hati gue yang pecah
Gue udah galau, repot-repot nyulik anak orang, menaklukan hutan, melewati tanjakan jahanam, mempertaruhkan harga diri karena nanya mulu di jalan, nekad minta anak punk buat dijadiin tukang ojek, dan hasilnya adalah air terjun yang ngalirnya nggak lebih banyak dari pipisnya kucing gue!
Gue kecewa banget kayak gurita yang gagal sekolah. Rasanya pengen banget teriak, “NITROGEN CAIR MANAAA??!! NITROGEN CAIR MANAAAA!!! GUE HAAAUUUUUSSS!!!”
Ah, sial, gue baru inget, Gunung Kidul kan daerah kapur, kering, airnya susah. Jadi ada airnya pas musim hujan doang. Fyuuhh!
***
Sumber gambar http://jogja.mblusuk.com/440-PEKOK-ke-Curug-Banyunibo-Patuk.html




0 komentar:

Posting Komentar

BANYUNIBO