KALUNG




Belum lama kemarin, Achi, si unyil senior, beli kalung tengkorak. Katanya, temen-temen di sekolahnya banyak yang pakai kalung semacam itu. Mungkin lagi pada demam anak punk, jadilah kalung tengkorak naik daun. Gara-gara kalung itu juga, Nabilla ikutan pengen beli, pengen kayak kakaknya. Sebagai tante yang baik dan peduli pada kondisi ekonomi keluarga, gue pun langsung mempengaruhi Nabilla biar nggak beli.
“Dek, kalungnya jelek. Jangan pakai kalung tengkorak, nanti kayak preman, kayak anak punk.”
“Tapi aku pengen tante,” sambil nempel-nempel ke pangkuan gue. Badannya kan gembul, empuk, gue jadi berasa ditempelin ulet pohon obesitas.
“Tante kasih tengkorak beneran mau?” Kebetulan depan rumah gue kuburan, jadi bisa langsung ambil kalau ada pesanan, fresh from under ground.
Nabilla manyun-manyun, “Tante nggak gaul.”
Idiih, belum tau ni anak. Gue yakin deh, di luar sana nggak banyak kaum tante yang gaulnya di kuburan, jadinya jaringannya dunia akhirat. Nabilla harusnya bangga punya tante kayak gue.
“Kalau adek mau kalung, minta yang bandulnya berlian atau mutiara aja, jangan tengkorak. Nanti minta dibeliin sama ibuk kalung berlian sama mutiara, ntar kalo udah dibeliin tante minjem ya?” Modus mode on, kalo ada ponakan doyan perhiasan, tantenya nebeng boleh dong. *icip-icip jadi sosialita
“Aku pengen kayak yang di TV itu loh te, yang dipakai di leher, di tangan, sama di kaki.”
Gue tau nih, ponakan gue kena imbasnya gara-gara sering nimbrung kakek neneknya liat Mahaputra, jadinya dia terobsesi jadi Empulkanwar. Masih kecil tapi badannya udah penuh perhiasan.
Gue iseng-iseng nambahin, “Sama yang di hidung juga dek? Tapi kalo adek pake semua aksesorisnya nanti bukannya mirip putri india, tapi malah mirip anak punk, hahaha.”
Nabilla mikir lamaaa banget, “Oooh, jadi anak punk itu sapi ya tante?”
“Apa?? Sapi? Kok bisa sapi?” Gue tau Nabilla sering berkumpul dan bermain sama binatang ternak, tapi kenapa Sapi?
“Iiih, tante, itu loh te, sapinya mbah kung hidungnya kan dilubangi dikasih tali.”
Alamaaaak, itu dikeloh namanya. FYI, babe gue alias embahnya Nabilla punya sapi yang yang hidungnya dikeloh kalau istilah Jawanya. Jadi, hidung sapinya dilubangi, lalu dimasuki tali, kemudian tali itu diikatkan di kepalanya biar si sapi mudah dikendalikan.
Dalam kasus ini, ponakan gue masih terlalu unyu untuk mengerti dunia anak jalanan. Jadi, setelah mencerna semua informasi yang dia terima dari gue, dia menyimpulkan kalau anak punk itu sapi. Great!
“Nahh, adek pakai kalung sapinya mbah kung aja, kalo dipake gerak bunyinya ‘thung thung thung’, nanti kalo adek ilang tante nyarinya gampang.”
Mendengar ucapan gue, Nabilla bukannya marah tapi justru ketawa lalu nyeletuk, “Eh, tante, jadi penjual es dung dung keliling itu pakai kalung sapi juga ya? Kan bunyinya ‘dung dung dung’.”
“Hahaha!! Bisa jadi! Bisa jadi!!”
Di kampung gue, kalau ada penjual es dung dung, jualnya masih dengan cara tradisional, keliling pakai sepeda sambil bawa gong kecil, kalo dipukul bunyinya “dung dung dung”. Tapi kadang suaranya lebih mirip sama bedhug masjid. Jadi tiap penjualnya lewat, orang-orang bukannya beli tapi malah pada sholat.
“Nah, adek beli es dung dung aja, enak bisa dimakan, bikin kenyang pula.”
“Oh, iya ya tante. Ya udah, ayo kita tunggu penjualnya lewat!” kata Nabilla semangat.
Alhamdulillah ponakan gue cukup mudah dikelabuhi.
***
Sumber gambar http://id.aliexpress.com/w/wholesale-necklaces-for-women-white-gold.html




0 komentar:

Posting Komentar

KALUNG