SUPLEMEN KALSIUM




Hari yang cerah. Seperti biasa, di pagi yang cerah ini gue disambut oleh muka-muka belum mandi temen-temen kos gue. Semuanya absen pagi makan nasi kucing keliling sambil nonton gosip. Gue pun melengkapi muka-muka penuh iler itu dengan muka gue yang nggak kalah ileran.
Tak lama kemudian terlihat Memey keluar dari dalam kamar. Perlahan ia mengambil air dari galon yang terletak persis di luar pintu kamarnya. Memey pun ikutan nongkrong-nongkrong imut bareng kami. Sekarang tahu kan, meski nggak ada ketentuan tertulis, ada satu syarat mutlak kalo mau ngekos di tempat kami. Syaratnya? Yap, harus males mandi. Mungkin alasan itulah yang membuat kami disambut dengan baik dulu pas pertama kali ngekos di sini.
Semua personil udah lengkap, semua yang belum mandi udah kumpul di depan TV sambil makan nasi kucing – nasi kucing ya, bukan tai kucing. FYI, tiap pagi kami langganan nasi kucingnya mbak Wi, bukan nasi jatah kucingnya mbak Wi, tapi nasi kucing yang dijual mbak Wi *tolong jangan salah paham karena makan nasi jatah kucing itu adalah masa lalu gue. Selain lebih praktis karena nggak perlu keluar kos, kami juga bisa beli banyak makanan hanya dengan uang lima ribu.
Memey jadi anggota yang paling akhir dalam sesi saling memakan jatah kucing, tapi nggak taunya dia yang paling cepet makannya. Setelah makan, gue lihat Memey minum suplemen apa gitu. Gue jadi penasaran.
“Minum apa Mey? Vitamin C?”
Memey nggak jawab. Gue makin penasaran, jadi gue ambil bungkusnya yang kebetulan masih tergeletak di lantai.
*Sambil utak-atik bungkusnya. “Peninggi badan?” ucap gue heran. “Buat apa? Emang masih ngefek?”
Mungkin ia pengen tinggi badannya nambah, tapi masalahnya kita berdua sama-sama lahir jauh sebelum kalender masehi dikenal. Yang gue tahu dari iklan produknya juga, vitamin itu untuk anak-anak remaja yang masih dalam pertumbuhan. Lah kita? Tinggal bulu ketek doang yang numbuh.
Gue nggak tau banyak ya soal produk peninggi badan, tapi yang gue tahu dari iklan-iklan tuh, produk peninggi badan sama suplemen tulang itu beda. Kalo peninggi badan buat meninggikan, kalo suplemen tulang buat nutrisi tulang dan gigi biar sehat dan nggak mudah keropos.
Yang bikin gue lebih heran lagi, biarpun nggak ada 160cm, tetep aja Memey itu masih lebih tinggi dibanding gue. Jadi ngapain dia minum peninggi badan? Dia nggak mikir perasaan gue kayak gimana? Ntar gue nggak ada temennya dong? Hiks. *Sesenggukan
Anak-anak lain pun mulai ikut nanggepin.
“Kalo minum suplemen gitu bukannya bagusnya pas malem ya?” kata Dalia.
“Iya, harusnya malem Mey, pas penggantian sel-sel tulang gitu. Jadi efeknya lebih kerasa,” mbak Lina nambahin. Emang ya, kalo soal gizi itu orang teknologi pangan nyambungnya cepet.
“Wah, mending beli CD* aja mbak,” Febri ikutan.
“Ini udah terlanjur dibeli, ya udah dihabisin,” jawab Memey. “Kalo udah habis, baru beli CD*, haha!”
“Kalo obatnya beneran ngefek. Nanti aku temennya siapa?” *pasang muka merana kayak nggak makan indomie sebulan
Sontak semua melihat gue dengan tatapan najong, lalu pura-pura nggak kenal. Gue bukannya nggak terima punya tubuh pendek, kurus, hidung bergelombang karena banyak upilnya, dapet bonus “item” lagi. Gue masih bersyukur, karena perut gue nggak buncit. Jadi orang nggak akan berpikir kalo gue cacingan. Nggak kebayang deh, kalo gue beneran cacingan trus di USG, lalu dokternya bilang, “Selamat ya bu...cacingnya perempuan.” Lalu pada pemeriksaan selanjutnya, dokternya bilang lagi, “Alhamdulillah bu...cacingnya sehat.” Hiii..kasihan sekali cacing tak berdosa itu, tak punya bapak.
Balik lagi ke suplemennya Memey. Seperti produk peninggi badan lainnya, obat itu juga tergolong mahal. Gue jadi kasihan sama Memey yang udah ngabisin uangnya buat beli produk itu. Bermanfaat sih, tapi kan udah terlambat.
“Mending beliin obat cacing aja Mey,” aduh gue keceplosan.
“Tias, mau nggak?” Memey tiba-tiba nawarin sambil senyum-senyum kayak tukang jamu. “Siapa tau ntar cacing kamu bisa jadi tinggi, kalo kamu kan udah nggak bisa, haha”
“Asem lu! Dasar penjepit jemuran!”
Tapi, jauh di dalam lobang udel ponakan gue, gue pengen juga sih, siapa tau bisa tinggi beneran. Jadi bingung mau nerima tau enggak. Gue jadi bayangin, kalo misal ntar malem gue minum suplemen itu, lalu besoknya tau-tau gue udah jadi tinggi dan dapat tawaran jadi model. *model majalah Trubus, edisi ternak cacing penyubur tanaman
Tiba-tiba muncul pencerahan yang merasuki otak kosong gue. Gue awalnya ragu, tapi akhirnya gue memantapkan diri untuk menolak. He’emh, MENOLAK.
“Enggak ah Mey, iya kalau habis minum suplemen itu tulangku jadi tambah panjang, lah kalo yang tambah panjang gigiku, gimana?”
Semuanya teriak, “AMIIIIIINNN!!”
Gue nyemplung ke kolam piranha. *putus asa
*** 
Sumber gambar: http://www.merdeka.com/sehat/jangan-minum-suplemen-kalsium-jika-ingin-punya-tulang-kuat.html




0 komentar:

Posting Komentar

SUPLEMEN KALSIUM