GURU BAHASA INDONESIA




Happy Mondaaay!! Hari ini adalah hari pertama ujian sekolah kenaikan kelas kedua ponakan gue. Gue menyimpan harapan besar, semoga hasil ujian mereka nggak seabsurd kelakuan mereka sehari-hari.
Di hari spesial ini, Nabilla happening banget. Pulang sekolah, belum sampai rumah dia udah teriak-teriak dari jauh, “Tante, Tante, aku hebat Tante!”
Apalagi ini anak? Dugaan gue sih, paling dia mau cerita soal ujiannya di sekolah.
“Tante, aku hebat loh! Tadi aku bisa ngerjain soal agama. Keren kan?”
Tuh kan? Dia memang rerumputan yang mudah ditebak. Kali ini gue memantapkan hati untuk lebih berhati-hati dalam menanggapi semua ceritanya, supaya nggak terjerumus dalam kedodolan yang abadi bareng dia.
“Adek bisa ngerjain semua soalnya?” tanya gue heran. Gue bukannya pesimis sama ponakan sendiri, tapi semalem dia nggak belajar, jadi aneh aja gitu kalau dia bisa ngerjain semua soalnya.
“Tadi itu, soal agama yang paling akhir, yang esai, aku bisa.”
“Terus yang pilihan ganda?”
“Nggak tau.”
Tuh kan? Gue bilang juga apa. Gejala absurd itu muncul lagi.
“Jumlah soalnya ada berapa?” tanya gue lagi.
“Lupa, ada banyak,” dan Si Nabnab masih excited nyeritain pengalaman kerennya.”Tante, tadi yang akhir itu pertanyaannya ‘An-Nashr itu artinya apa?’, aku jawab ‘pertolongan’, keren kan, Te? Aku bener.”
Iya sih, keren juga dia tau. Tapi kok rada miris ya? Masak yang yakin bener cuma satu? Spiderman aja meskipun sibuk, nilai ujiannya tetep bagus loh. Jadi, demi membawa ponakan gue kembali ke jalan yang benar, gue ngingetin dia buat belajar lagi.
“Adek, besok tesnya apa? Belajar gih dari sekarang, biar bisa ngerjain semua soalnya.”
“Adek besok tesnya bahasa Indonesia, Te,” sahut Achi.
“Ya udah sini belajar sama tante, tante bisa ngajarin bahasa Indonesia.”
“Lhoh, Tante dulu pernah jadi guru ta?” Nabnab heran setengah nggak percaya.
“Iya, makanya sini belajar sama tante.”
“Tante guru apa?”
“Guru bahasa Indonesia.”
“Jadi Tante bisa ngajar guru bahasa Indonesia?”
Aduh, kayaknya kepala gue mulai pusing deh.
“Bukan ngajar guru, kalo guru mah nggak usah diajarin udah bisa. Kan tiap hari mereka ngajar.”
“Terus kalo Tante ngajar, gurunya siapa?”
Batin gue udah mulai teriak-teriak, Tuhaaan pleeeeasee, selamatkan aku dari cobaan ini!!
“Kan gurunya tante, jadi tante yang ngajar.”
“Oooouh, jadi Tante ‘bu guru’?”
“Yup.”
“Tante guru apa?”
Huaaaaaa!!! Tuhaaaaan, boleh nggak kalau hari ini hamba pensiun jadi tantenya Nabilla? Sehari aja, pleeeease, karena sepertinya hari ini hamba lelah.
***
Sumber gambar https://www.sandiegounified.org/highly-qualified-teachers




0 komentar:

Posting Komentar

GURU BAHASA INDONESIA