STUPID ELECTRIC




Sejak gue menobatkan diri sebagai anak kos yang normal (?), kelakuan gue justru semakin aneh-aneh. Gue nggak tahu ini terjadi sejak kapan, yang gue tahu cuma semakin hari kelakuan gue makin somplak dan nggak jelas. Pengalaman ini adalah salah satu dari beberapa yang menurut gue malunya belum bisa diobatin oleh waktu.
Waktu itu di pagi hari yang lumayan mendung, anak-anak seperti biasa nggak pernah ninggalin gosip yang ditayangin di TV. Gue sendiri, anteng di kamar ngerjain tugas sambil denger mp3. Sebenarnya pagi hari adalah saat-saat yang berat untuk mengerjakan tugas, soalnya anak-anak kalau liat gosip nggak bisa anteng, mereka jadi ikut ngegosip juga, sok tahu tentang hal-hal yang lagi kontroversial lalu mengeluarkan argumen-argumen nggak jelas yang ujung-ujungnya juga nggak menghasilkan kesimpulan apa-apa.
“Yas, jangan di kamar mulu dong, sekali-kali kumpul sama anak-anak sini, nonton gosip,” ujar Anin, si anak kos baru yang emang jiwa sosialnya tinggi banget.
Ngomong-ngomong soal Anin, cewek yang kuliah di fakultas MIPA ini soulmate-nya Dalia. Asli Klaten, tetangga deketnya Dalia juga. Cewek dengan model rambut panjang plus poni nyamping permanen ini statusnya LDR-an sama pacarnya. Yang paling khas dari dia, kalo lagi telfonan sama pacarnya, suaranya nggak pernah kedengeran dari luar, beda dengan yang lain, bisik-bisik aja dengungnya udah kedengeran kemana-mana. Kami jadi curiga, jangan-jangan mereka kalo pacaran pake kode-kodean.
“Yaaaas, sini loooh...” ujar Anin lagi.
“Iya, ini denger kalian aja udah cukup kok.” Secara tanpa nonton gosip pun gue udah bisa update dengan mendengarkan celotehan mereka dari kamar.
“Mbak Tyas, jangan ngerjain tugas mulu, ntar jadi simbiosis mutualisme loh,” kata Febri nggak jelas. Kasihan dia, pasti waktu SMA dia gagal belajar Biologi.
Gue masih diem di kamar karena deadline emang nggak punya hati. Tapi suara-suara aneh itu makin sering terdengar di telinga gue.
“Mbak, jangan jadi sosialita dong!” kata Febri lagi.
Gue spontan teriak, “Amiiiiinn!!”
Gue langsung bertekad bakal lebih sering bangun pagi lalu ngerjain tugas biar cepet jadi sosialita.
“Mbak, ini piring dicuci dong!”
“Eh?”
“Mbak, dicariin bu RT, katanya suruh balikin kucingnya!” *apaan coba
“Teman-teman, please, biarkan diriku sebentar saja berada di jalan yang benar...”
Mereka nggak tahu kalau nonton TV itu bisa menyebabkan kebodohan – teori ini valid karena gue udah membuktikan. Jadi, karena terlalu sering nonton film di laptop, sekalinya nonton film di TV gue sempet panik gara-gara nggak nemu tombol pause di bawah layar ketika gue kebelet pipis pas filmnya lagi bagus. Untungnya hal ini terjadi di kosan sendiri ketika anak-anak pada kuliah, jadi nggak ada saksi. Esok harinya, ketika gue nonton film di laptop lagi, gue bingung gara-gara nggak bisa mindah channel di laptop pakai remote. Temen yang heran sama tingkah gue langsung nanya, “Kamu ngapain nonton film di laptop pake remote Yas?” Spontan gue langsung nelen remote buat menghilangkan jejak.
Kembali ke gosip, mereka masih aja semangat nawarin buat nonton gosip bareng, tapi gue masih anteng dengan tugas statistika jahanam gue. Maklum, anak bahasa model-model pemalas kayak gue ini emang nggak rukun sama angka.
“Ya ampun Yas, sumpah! Gosip ini penting banget!!”
“TUGAS GUE JUGA PENTIIIING!!”  Hampir aja waktu itu gue makan beling gara-gara gemes.
“Yas, sosis bakar nih keburu abis!”
Perut gue yang lagi laper langsung sigap mengirim rangsangan ke otak. Otak gue langsung mengirim perintah ke mulut gue buat teriak.
“Siiaaaaap!! Aku meluncur sekarang!” Sekejap gue tancap gas keluar kamar dan ninggalin tugas gue begitu saja. Tugas ya tugas tapi makanan lebih penting. Logikanya, orang harus makan biar hidup, tapi tugas? Tugas nggak bikin kehidupan lo bertahan lebih lama. Ini adalah salah satu filsafat hidup yang paling gue suka.
“Ternyata Tias cukup mudah dihasut ya,” kata temen kos berbisik. Lalu mereka semua berpaling muka dan pura-pura nggak pernah terjadi apa-apa. Sementara muka gue masih mupeng mengharapkan keberadaan sosis bakar.
Gue skeptis, ternyata gue dibohongi. Sial! Karena sudah terlanjur keluar kamar, alhasil gue jadi ikutan nonton gosip juga. Baru lima menit gue duduk manis, tiba-tiba...pett...semua gelap.
“Ini siapa sih yang lagi nyetrika?”
Pertanyaan bodoh. Daya listrik di kosan emang cukup rendah, tapi kan anak-anak lagi nonton gosip semua.
“Ini pemadaman bergilir kayaknya, kemarin juga kayak gini.”
Semua jadi diem. Gue jadi inget sesuatu.
“Laptopkuuuu!!!” gue mulai panik lari masuk kamar, secara laptop itu emang lebih mirip komputer jinjing daripada laptop, jadi nggak bisa nyala kalau nggak ada listriknya. Menyadari hal itu, anak-anak jadi ikut belingsatan ke kamar masing-masing buat nyelamatin laptop. Ternyata nggak gue doang yang punya komputer jinjing, punya anak-anak juga baterainya udah pada miris.
Kalau udah terjebak dalam situasi kayak gini, anak-anak pasti ngumpul di depan TV dan mulai ngomongin banyak hal yang nggak bermanfaat – satu hal yang bikin gue sayang sama mereka.
“Eh, nonton Iron Man 3 yuk? Sekosan gitu, kita kan belum pernah jalan bareng,” ajak Dalia. *Beginilah kalo kaum jomblo lagi ngumpul
“Jangan Iron Man dong mbak, aku nggak suka film silat!” *Kasihan adek kos, dia beneran gagal gaul rupanya.
“Ini film action dek bro,” jelas Dalia.
“Tu kan bener film silat,” Febri keukeuh. Semuanya pura-pura nggak denger.
“Iron Man 3 bukannya mau ditayangin di TV ya? Dulu iklannya ada.”
“Iya, tapi nggak jadi. Dulu juga kukira itu mau dimasukin rangkaian film tahun baru, tapi sampe sekarang juga nggak nongol-nongol kan filmnya.”
Gue manggut-manggut. “Berapa sih tiketnya?”
“Tiga puluh kayaknya, naik lima ribu.”
“Tak cariin bajakannya aja Dah, di warnet, aku cukup ngabisin tiga ribu buat banyak film.” Dan pembicaraan pun berakhir. Gue emang dikenal sebagai pengepul film kalo di kosan, secara film gue emang numpuk-numpuk karena tiap bulan gue rajin ngrampok film di Spidernet, warnet deket kosan.
Selesai dengan pembicaraan itu, gue memutuskan untuk mandi, sementara anak-anak masih ngobrol dengan topik lain. Setelah sekitar satu jam menghabiskan waktu di kamar mandi, gue memutuskan untuk udahan, bosen juga rasanya kalo mandi lama-lama. Sesampainya di ruang TV, gue mendapati anak-anak pada diem, anteng nonton TV.
“Lhoh, ini iklannya Iron Man  muncul lagi,” ujar gue heran.
“Ini yang kedua kok,” ujar Dalia.
“Lhoh, gimana sih, yang punya stasiun TV labil banget, perasaan dulu yang mau ditayangin yang ketiga.”
“Nggak mau rugi kali, secara masih baru banget di bioskop. Masih laris, jadi filmnya masih mahal.”
“Payah!” ucap gue. Ya, beginilah komentar penggemar movie kalau lagi putus asa.
“Sudah...sudah, jangan berantem kakak-kakakku, ini emang TV kosan yang lagi sakit,” ujar Febri menengahi.
Gua sama Dalia speechless, kami sama-sama berpikir, ini kayaknya yang sakit bukan TV’nya deh, lalu kami memandang dalam Febri dengan tatapan kasihan.
“Kenapa?” tanya Febri polos.
“Ennggggg...nggak apa-apa,” gue pura-pura biasa aja.
Tiba-tiba gue teringat sesuatu.
“Eh, listriknya udah nyala belum sih?!”
Mendengar ucapan gue barusan, entah mengapa seisi ruangan serentak mengalihkan pandangan ke gue lalu mereka ketawa ngakak berjamaah.
“Parah lo Yas!! Hahaha!”
“Dikiranya TV ini pakai baterei kali ya? HAHAHA!!”
“Hah?” gue masih nggak paham. Mata gue melirik kesana-sini dan otak gue berpikir keras.
“Oooopss!!” Ya ampun, gue baru nyadar kalo TV-nya pake listrik, haha, kayaknya otak gue udah waktunya diservis. Dodol parah.
***
Sumber gambar http://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photography-broken-electric-cable-image19078637




0 komentar:

Posting Komentar

STUPID ELECTRIC